Sumedang (ANTARA News) - Tuan rumah Jawa Barat menargetkan lima medali emas dari cabang pencak silat di PON XIX 2016 yang digelar di Graha Laga Satria ITB Jatinangor Sumedang.

"Target kami lima emas, syukur kalau bisa lebih," kata pelatih tim pencak silat Jawa Barat Ika Lesmana usai babak penyisihan nomor tanding perorangan di Sumedang, Senin.

Dari tujuh atlet pencak silat Jabar yang bertanding hari ini, hanya satu yang gugur pada babak penyisihan yaitu Selly Andriani yang ditumbangkan oleh Pipiet Kamelia dari DKI Jakarta di kelas D putri.

DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Jawa Tengah masih menjadi penantang utama tim tuan rumah di pencak silat, kata Ika.

Ketua panitia pertandingan cabang pencak silat PON XIX Dede Iman Nugraha mengatakan sebanyak 264 atlet dari 33 provinsi akan bersaing memperebutkan 21 medali emas dari nomor tanding dan seni.

Sebelum mencapai semifinal, para atlet harus melalui babak kualifikasi nomor tanding perorangan putra dan putri yang berlangsung dari 19-20 September.

Sementara itu, peta kekuatan tim di babak penyisihan belum terlihat. "Apa saja bisa terjadi. Siapa yang paling siap dia lah yang keluar sebagai pemenang," kata Ika

Pewarta: Aditya E.S. Wicaksono
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2016