PON 2016 - Heroik, Yoel rebut emas berkuda walau kaki cedera

Kamis, 22 September 2016 15:24 WIB | Dilihat 1484 Kali
Berkuda. (ANTARA FOTO/SAPTONO)
Bandung (ANTARA News) - Kendati bertanding dengan kaki cedera, Yoel Ireno Momongan, sukses menyabet medali emas PON XIX/2016 Jabar pada cabang berkuda nomor dressage perseorangan kuda nasional di Arena Equestrian Detasemen Kavaleri Kuda, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Kamis.

Yoel mencatat nilai tertinggi 67 sekaligus menyudahi perjuangan Mega Veronika Cincin (Jawa Timur) yang mengumpulkan nilai 66,56 dan Herdian Ramaddhan (Jawa Tengah) dengan 66,22. Mega dan Herdian pun harus puas dengan medali perak dan perunggu.

"Saya sempat khawatir karena Yoel sebenarnya agak cedera, kakinya sedikit ketarik. Tapi Alhamdulillah akhirnya bisa meraih hasil terbaik," kata Manajer Tim Berkuda Jawa Barat Karissa Saddak.

Emas yang diraih Yoel adalah emas kedua Jawa Barat dari berkuda nomor equestrian. Emas pertama diraih dari nomor dresage team pembinaan.

Yoel yang juga iandil meraih emas Jabar pada nomor dressage menyelesaikan tahapan pada penampilan nomor perorangan dengan baik.

Meski demikian presentase nilainya hanya berbeda sangat tipis dengan Mega dan Herdian yang merupakan rider papan atas nasional.

"Tim pendukung harap-harap cemas saat dia turun, namun akhirnya bisa menyelesaikan lomba dengan baik.Ia bermain safe," kata Karissa Saddak.

Ia menyatakan, Jawa Barat menargetkan lima medali emas dari cabang ini, baik equestrian di Parongpong Kabupaten Bandung Barat maupun dari nomor pacu di Kabupaten Pangandaran.

"Persiapan atlet dan latihan keras mereka membuahkan hasil dan perjuangan Jabar belum selesai karena masih ada beberapa peluang lagi," kata Karissa.

Hari ini, selain nomor dressage individual kuda nasional, juga dipertandingkan nomor show jumping young rider team dan nomor eventing three day event beregu dan perseoranganl.

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2016

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

PON 2016 - Jawa Barat juara umum anggar

Tim tuan rumah Jawa Barat menjadi juara umum anggar Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 di Bandung, 23-29 September, setelah mengumpulkan lima medali emas, dua perak dan tiga perunggu.

PON 2016 - Sumurung sukses balas kegagalan di Riau untuk sabet emas gulat

Pegulat andalan Sumatera Utara, Sumurung Siregar, mempersembahkan medali emas untuk kontingennya pada hari kesebelas Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 Jawa Barat, Selasa malam, yang sekaligus memupus kegagalan menjadi yang terbaik empat tahun silam di Riau.

PON 2016 - Perhelatan akan segera berakhir, atlet buru cenderamata

Menjelang berakhirnya PON XIX Jawa Barat, cenderamata menjadi buruan atlet dan oficial di stan Gymnasium Upi, Bandung, dengan sebagian besar memburu kaos bertuliskan PON.

PON 2016 - Tim gantole Jabar dibimbing pelatih dari Italia

Tim gantole tuan rumah Jawa Barat untuk PON XIX/2016 khususnya nomor cross country mendapat bimbingan langsung dari pelatih asal Italia, Christian Ciech.