Bandung (ANTARA News) - Jawa Barat dan Sulawesi Selatan sementara mengumpulkan medali emas terbanyak dengan masing-masing memperoleh dua keping pada Pekan Olahraga Nasional di Bandung, 23-26 September 2016.

Jawa Barat meraih dua emas dari nomor sabre perorangan putra/putri melalui Idon Jaya Wiguna dan Aelida Mega Putri Salim, sementara Sulawesi Selatan melalui nomor andalannya epee perorangan putra/putri melalui Haerullah dan Isnawaty Sir Indar.

Provinsi peraih emas lainnya adalah Kalimantan Barat melalui Verdiana Rihandini (foil putri perorangan), Riau melalui M Zulfikar (foil putra perorangan).

Hasil ini membuat Sulawesi Selatan bertengger pada tempat pertama klasemen dengan 2 emas dan 1 perak, disusul Jawa Barat (2 emas dan 2 perunggu), Riau (1 emas, 1 perak, 1 perunggu), dan Kalimantan Barat  dengan 1 emas, 2 perunggu.

Berturu-turut di bawahnya adalah Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Sumatera Utara dan Jawa Timur.

Empat provinsi memastikan tiket ke semifinal foil beregu putri. Keempatnya adalah Kalimantan Timur yang mengalahkan Sumatera Selatan 45-12, Jawa Barat mengalahkan Jawa Tengah 45-42, DKI Jakarta mengalahkan Riau 45-19, dan Kalimantan Barat mengalahkan Aceh 45-8 pada pertandingan Senin.

Pada sabre beregu putri, empat tim lolos ke semifinal, yakni Sumatera Selatan yang mengalahkan Riau 45-23, Kalimantan Timur mengalahkan Kalimantan Barat 45-44, Jawa Tengah mengalahkan Banten 45-23 dan Jawa Barat  mengalahkan Sulawesi Utara 45-21.

Mulai hari ini anggar mempertandingan nomor beregu setelah tiga hari sebelumnya mempertandingkan nomor perorangan foil, epee, sabre untuk kelompok putra dan putri.


Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2016