PON 2016 - Minim dana, penyebab Sumatera Utara gagal penuhi target

Jumat, 30 September 2016 16:22 WIB | Dilihat 2452 Kali
Karateka Sumatera Utara Iwan Budi Sirait menunjukan medali emas yang diraihnya pada kumite perorangan putra. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Medan (ANTARA News) - Minimnya anggaran adalah penyebab Sumatera Utara gagal memenuhi target masuk tujuh besar perolehan medali pada Pekan Olahraga Nasional tahun 2016 di Jawa Barat, kata Sekretaris Umum Persatuan Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi) Sumatera Utara Bagindo Alfisyahrin di Medan, Jumat.

Dia menilai kegagalan Sumatera Utara mencapai target pada PON Jawa Barat karena masalah dana yang diharapkannya tidak terjadi lagi pada masa mendatang.

Pada PON 2016, Sumatera Utara finis pada posisi sembilan dengan 16 medali emas, 17 perak dan 33 perunggu.

Posisi itu meleset dari target Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi yang memasang posisi ketujuh.

"Dana yang minim sangat berpengaruh terhadap persiapan atlet," kata Bagindo. "Seperti cabang sepatu roda, hanya mendapatkan bantuan tiga roda, sedangkan atlet yang kami persiapkan 10 orang."

Masalah dana membuat sebagian besar atlet tidak dapat melakukan "try out" yang dinilai sangat penting untuk mengukur kemampuan atlet.

Dia meminta KONI Sumatera Utara melakukan perubahan dalam membina atlet dan disarankan memetakanj cabang olahraga.


Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2016

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

PON 2016 - Jawa Barat juara umum anggar

Tim tuan rumah Jawa Barat menjadi juara umum anggar Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 di Bandung, 23-29 September, setelah mengumpulkan lima medali emas, dua perak dan tiga perunggu.

PON 2016 - Sumurung sukses balas kegagalan di Riau untuk sabet emas gulat

Pegulat andalan Sumatera Utara, Sumurung Siregar, mempersembahkan medali emas untuk kontingennya pada hari kesebelas Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 Jawa Barat, Selasa malam, yang sekaligus memupus kegagalan menjadi yang terbaik empat tahun silam di Riau.

PON 2016 - Perhelatan akan segera berakhir, atlet buru cenderamata

Menjelang berakhirnya PON XIX Jawa Barat, cenderamata menjadi buruan atlet dan oficial di stan Gymnasium Upi, Bandung, dengan sebagian besar memburu kaos bertuliskan PON.

PON 2016 - Tim gantole Jabar dibimbing pelatih dari Italia

Tim gantole tuan rumah Jawa Barat untuk PON XIX/2016 khususnya nomor cross country mendapat bimbingan langsung dari pelatih asal Italia, Christian Ciech.