Jakarta (ANTARA) - Petinju Indonesia Tibo Monabesa bakal mempertahankan gelar juara WBC International kelas terbang ringan (48,9kg) melawan petinju asal Filipina Jayson Vayson di Holywings Gatsu Club V, Jakarta, 27 Februari.

Tibo mengatakan saat ini persiapan sudah memasuki tahap akhir. Selain itu, dia juga telah mempelajari setiap gerakan lawan.

Dengan status pemegang gelar, petinju berpostur 163cm itu lebih diunggulkan. Lebih dari itu, Tibo juga diuntungkan karena bertanding di hadapan pendukung.

Baca juga: Daud Yordan siap hadapi petinju dari Korea Selatan Maret mendatang

Secara rekor bertanding pun, Tibo memiliki lebih banyak pengalaman dengan telah melakoni 24 laga dan 21 di antaranya diraih dengan kemenangan dan dua kali imbang.

Sedangkan lawan, sejauh ini tercatat tak terkalahkan dengan sembilan kemenangan dan satu kali imbang. Kendati demikian, Tibo tak ingin meremehkan lawan.

"Lawan tidak bisa dianggap remeh. Dia berasal dari Filipina yang identik memiliki kemampuan luar biasa. Lawan ini sangat sangat komplet. Bisa fight dan boxer. Kami sudah siapkan strategi dan tergantung posisi lawan saat laga nanti," kata Tibo dalam konferensi pers di Holywings Gatsu Club V, Kamis.

Baca juga: Jadwal pertandingan tinju dunia sepanjang Februari 2022

Dalam pertandingan kali ini, Tibo berduel selama 10 ronde. Dia membidik kemenangan untuk menjaga peluang menantang pemegang gelar juara dunia WBC.

Tibo Monabesa adalah seorang mantan juara dunia IBO kelas terbang ringan. Namun titel tersebut lepas karena Tibo lebih memilih untuk bersaing dalam perebutan titel WBC.

Dia mendapatkan gelar WBC International setelah mengalahkan Toto Landero asal Filipina dalam laga terakhirnya di Balai Sarbini Convention Hall, Jakarta, 14 April 2021.

Dengan kata lain, ini merupakan kali pertama, Tibo bersaing untuk mempertahankan gelar WBC International. Dalam peringkat WBC, Tibo juga menempati posisi tiga besar.

Baca juga: Tibo Monabesa berada dalam jalur penantang gelar juara dunia WBC

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022