Jakarta (ANTARA) - Petinju Indonesia Tibo Monabesa bakal mempertahankan gelar juara WBC International kelas terbang ringan (48,9kg) melawan petinju asal Filipina Jayson Vayson di Holywings Gatsu Club V, Jakarta, Minggu malam WIB.

Pertandingan ini diprediksi sengit. Jual beli pukulan bakal terjadi dalam pertandingan 10 ronde tersebut. Sebagai petinju tuan rumah dan pemegang titel WBC International, Tibo Monabesa hadir sebagai petinju yang diunggulkan.

Petinju 31 tahun itu punya pengalaman lebih dibanding lawan. Tibo debut profesional pada 16 Mei 2012 dan secara keseluruhan telah melakoni 24 pertandingan. Hasilnya, 21 laga berakhir dengan kemenangan, satu kali kalah, dan dua hasil imbang.

Baca juga: Promotor Armin Tan bertekad antar Tibo Monabesa menjadi juara dunia

Satu-satunya kekalahan yang dialami Tibo adalah ketika berhadapan dengan Hiroto Kyoguchi di Korakuen Hall, Jepang pada 25 September 2018. Kala itu, Tibo yang bertanding di kandang lawan kalah TKO pada ronde keempat.

Sedangkan dua hasil imbang masing-masing saat berhadapan dengan petinju Indonesia Domi Nenokeba di TVRI Studio, Jakarta, 2 Februari 2013 dan Arnold Garde asal Filipina di Cendrawasih Sports Hall, Jakarta, pada 20 Mei 2017.

Selebihnya, Tibo sukses meraih kemenangan. Termasuk dalam pertandingan terakhir melawan Toto Landero yang juga berasal dari Filipina. Dalam laga yang berlangsung di Balai Sarbini Convention Hall, Jakarta, 14 April 2021, Tibo menang angka 116-112, 115-113, 117-111.

Kemenangan tersebut sekaligus mengantarkan Tibo meraih titel WBC International kelas terbang ringan. Dengan kata lain, pertandingan malam ini merupakan kali pertama Tibo Monabesa mempertahankan gelar tersebut.

Sebelum memegang WBC International, Tibo pernah menyandang gelar juara dunia IBO kelas terbang ringan. Tepatnya setelah meraih kemenangan angka atas petinju Australia Omari Kimweri di Flobamora Sports Hall, Kupang, 7 Juli 2019.

Namun Tibo kemudian melepas titel tersebut demi mendapatkan gelar juara yang lebih mentereng seperti WBC.

Pada sisi lain, lawan yang akan dihadapi Tibo yakni Jayson Vayson tercatat baru melakoni 10 laga dengan sembilan kemenangan dan satu kali imbang. Semua pertandingan melawan petinju senegara dan bergulir di Filipina.

Petinju yang dikenal dengan julukan "Striker" ini melakoni debut profesional pada 15 Oktober 2016. Pada pertandingan terakhir, Vayson berhasil meraih kemenangan KO ronde ketiga atas Geboy Mansalayao di Manila Arena, Filipina pada 15 Februari 2020.

Kemenangan tersebut jadi modal penting Vayson untuk menghadapi Tibo Monabesa. Selain itu, keunggulan lainnya dari lawan adalah dari segi usia. Vayson saat ini berusia 23 tahun atau lebih muda delapan tahun dari Tibo Monabesa.

Vayson juga telah berlatih keras untuk bisa meraih kemenangan perdana dalam pertandingan di luar negaranya. Dia berada di bawah bimbingan pelatih veteran Allan Alegria.

Baca juga: Tibo Monabesa hadapi petinju Filipina di Jakarta pada 27 Februari

Laga penting

Bagi Tibo dan Vayson pertandingan ini penting untuk karier profesional keduanya. Tibo saat ini berada di urutan ketiga di WBC divisi terbang ringan, peringkat ke-13 di IBF, dan kesembilan di WBO.

Dengan menempati posisi tersebut, langkah Tibo untuk menantang pemegang gelar juara dunia makin dekat. Armin Tan selaku promotor pun memiliki tekad untuk membawa Tibo menjadi juara dunia.

"Kalau Tibo bisa melewati pertandingan ini, sudah saya pastikan akan mengikuti kejuaraan dunia. Saya datangkan kemungkinan dari Venezuela. Saat ini Tibo punya peringkat dan kesembilan di WBO. Kami bisa ikutkan untuk menantang juaranya Jonathan Gonzalez," kata Armin Tan kepada wartawan, Sabtu.

Selain itu, Armin Tan juga mengatakan bisa menantang Felix Alvarado yang memegang titel IBF. "Sekarang Tibo ada di peringkat ke-13 IBF. Jadi saya akan datangkan juara dunia. Ada WBC, IBF dan WBO. Kami akan melihat peluang itu ada di mana," ujar Armin Tan.

"Hari ini, Tibo bertarung di WBC karena peringkat terbaiknya ada di WBC. Namun, tidak menutup peluang untuk menantang petinju lain. Menurut saya untuk di WBC mendatangkan juara dunia (Masamichi Yabuki) perlu uang yang besar dan belum tentu juga mau juga datang. Kemungkinan ada di WBO," kata Armin Tan menambahkan.

Sebelum berbicara banyak soal juara dunia, Tibo tentu harus lebih dulu melewat Vayson. Petinju kidal tersebut juga mengaku siap untuk bisa meraih kemenangan pada laga nanti.

"Target tentu saja kemenangan. Jika ada peluang KO tidak akan saya sia-siakan. Lawan bukan petinju sembarangan. Dia tak pernah kalah dan cara bertinjunya juga bagus," ujar Tibo saat sesi timbang berat barat satu hari jelang laga.

"Secara bodi, lawan memang bagus. Tetapi saya tidak merasa kecil. Saya tetap optimistis dengan persiapan yang telah dilakukan saya yakin bisa menang," kata Tibo menambahkan.

Baca juga: Tibo Monabesa berada dalam jalur penantang gelar juara dunia WBC

Prediksi

Tibo memiliki keuntungan dengan tanding di hadapan publik sendiri. Lebih dari itu, dia juga memiliki tren baik saat berhadapan dengan petinju asal Filipina.

Petinju yang lahir pada 10 Juni 1990 ini memiliki rekor tak terkalahkan dari petinju Filipina. Selain hasil imbang dari Arnold Garde, selebihnya Tibo sukses mengalahkan petinju Filipina seperti Toto Landero, Lito Dante, Lester Abutan, Geboi Mansalayao, Rene Patilano, dan Joel Taduran.

Dengan pemaparan di atas, Tibo layak percaya diri pada pertandingan malam ini. Tibo harus mampu menahan gempuran lawan dan menjaga stamina. Sebab prediksi penulis, Tibo bakal bertarung hingga lonceng ronde 10 dibunyikan. Tibo diprediksi bakal menang angka dalam pertandingan kali ini.

Alasannya, pukulan Tibo kurang mematikan. Terlihat dari 21 kemenangan, hanya delapan kali dia mampu menganvaskan lawan. Dalam tiga pertandingan terakhir, dia juga selalu meraih kemenangan angka.

Adapun, selain Tibo Monabesa versus Jayson Vayson, pada pertandingan yang bergulir di Holywings Gatsu Club V juga menyuguhkan partai sengit lainnya.

Seperti pertandingan Defri Palulu yang akan bersaing dengan petinju asal Thailand Aekkawee Kaewmanee. Kemudian juga antara Hero Toto dan James Mokoginta. Selain itu, ada juga pertandingan antara Paisal Panjaitan melawan Zainul Fatah.

Yang tak kalah seru adalah dua celebrity fight yakni antara Vicky Prasetyo melawan Aldi Taher dan Paris Pernandes "Salam dari Binjai" berhadapan dengan Jekson Karmela yang merupakan peraih emas PON Papua cabang olahraga muay thai.

Baca juga: Peraih emas PON Papua dan "Salam dari Binjai" duel di arena tinju

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022