Surabaya (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI LaNyalla Mahmud Mattalitti menginstruksikan kader Pemuda Pancasila (PP) untuk mengingatkan elite politik agar menghentikan kegaduhan dengan mengumbar narasi yang justru menyakiti hati rakyat.

"Mari ingatkan mereka agar tidak membuat gaduh dengan narasi-narasi yang seharusnya tidak perlu," ujarnya saat menyampaikan sambutan pada Pembukaan Musyawarah Wilayah Ke-8 Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila (MPW PP) Jatim di Surabaya, Kamis.

Menurut dia, jika kegaduhan tak segera dihentikan maka bisa membuat kesabaran masyarakat habis dan dikhawatirkan muncul gejolak sosial yang tak diinginkan.

Ia berpendapat saat ini proses pemulihan ekonomi belum sepenuhnya normal dan masih merasakan indeks ketimpangan masyarakat yang semakin lebar menyusul inflasi harga kebutuhan pokok serta kebutuhan penunjang kehidupan lainnya.

Baca juga: Ketua DPD RI dukung Pemkot Surabaya buka TK Inklusi

Ditambah lagi, kata dia, masyarakat sangat merasakan dampak inflasi dan kenaikan sejumlah barang kebutuhan pokok.

"Apalagi, angka pengangguran dan PHK selama dua tahun pandemi masih menjadi penyumbang meningkatnya angka kemiskinan akut di sejumlah daerah di Indonesia, tak terkecuali di Jatim," katanya.

"Maka itulah tolong para pemangku kebijakan bangsa, terutama elit politik agar menghentikan kegaduhan karena justru menyakiti hati rakyat yang sedang susah," tambah dia.

LaNyalla yang juga Ketua MPW PP Jatim tersebut menginstruksikan kader untuk menjaga dasar negara Pancasila dan menjadi garda terdepan mempertahankan persatuan dan kesatuan.

Baca juga: Ketua DPD LaNyalla ajak daerah kembangkan kuliner khas lokal

"Jadilah garda terdepan menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ucapnya.

Pemuda Pancasila, lanjut LaNyalla, memiliki tugas abadi untuk menjaga dan memastikan Pancasila sebagai landasan serta jalan hidup bangsa Indonesia.

Di tempat sama, Wakil Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila Ahmad M Ali menegaskan kader harus merapatkan barisan dan berani bangkit untuk mengawal NKRI.

"Organisasi Pemuda Pancasila terlahir untuk mengawal NKRI. Organisasi ini harus bertahan hidup seratus, bahkan seribu tahun lagi," tuturnya.

Baca juga: LaNyalla apresiasi turnamen catur perebutan Piala Ketua DPD RI

Muswil dibuka Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak yang ditandai dengan pemukulan gong di hadapan ratusan peserta.

Pada kesempatan tersebut, Emil Dardak mendoakan proses muswil berjalan lancar dan sesuai harapan.

"Terima kasih kepada PP yang selama ini menjaga sinergi dengan pemerintah. Kami optimistis mampu mewujudkan kemandirian masyarakat," katanya.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022