Bogor (ANTARA) - Turnamen golf besutan Ikatan Keluarga Alumni Lembaga Ketahanan Nasional (IKAL Lemhannas), Agum Gumelar Cup 2022, sukses digelar di Sentul Highlands Golf Club, Bogor, pada Minggu.

Sedikitnya 151 peserta baik dari kalangan IKAL Lemhannas maupun umum ambil bagian dalam turnamen yang memperebutkan trofi bergilir Agum Gumelar tersebut.

Ketua Umum DPP IKAL Lemhannas Jenderal TNI (Purn.) Agum Gumelar mengaku senang melihat antusiasme para peserta dalam mengikuti ajang golf yang sengaja dipilih mempertimbangkan rata-rata usia anggota IKAL Lemhannas yang sudah lanjut.

"Golf olahraga yang masih mungkin dimainkan oleh orang yang berusia lanjut. Hanya golf yang bisa kami lakukan. Menurut saya, olahraga golf ini bermanfaat tidak hanya menjaga kebugaran tubuh, tetapi selalu gembira. Tidak hanya itu, juga membangun rasa optimisme," kata Agum.

Pria berusia 76 tahun yang pernah menjadi Ketua Komite Normalisasi PSSI itu mengaku ia sebetulnya menyukai sepak bola, tetapi mempertimbangkan faktor usia membuat golf menjadi pilihan paling memadai untuk diselenggarakan turnamen bagi anggota IKAL Lemhannas.

Selain menjaga semangat kebersamaan, kepedulian, dan bersilaturahmi lewat kegiatan olahraga, Agum mengingatkan turnamen itu juga menyelipkan ajakan untuk tetap menjaga kepekaan sosial.

Agum Gumelar Cup 2022 ditutup dengan pemberian santunan kepada anak-anak yatim piatu dan penyaluran donasi kepada yayasan kanker payudara.

"Ini sebagai area membangun kebersamaan, kerukunan, sambil bersilaturahmi dan penuh etika norma yang baik," ujar Agum.

Baca juga: IKAL Lemhannas gelar turnamen golf bertajuk Agum Gumelar Cup 2022

Mantan Ketua Umum KONI Pusat itu juga menegaskan bahwa Agum Gumelar Cup akan dijadikan agenda tahunan demi menjaga semangat silaturahmi dengan baik.

"Kami akan gelar setiap satu tahun sekali. Harap dicatat, orang yang sukses itu biasanya orang sehat, selalu gembira, optimis dan tidak apatis," katanya.

Ia juga mengutarakan Sentul Highlands Golf Club besar kemungkinan akan tetap menjadi lokasi penyelenggaraan Agum Gumelar Cup tiap tahunnya.

"Ini home base kami IKAL Golf Club. Jadi, kemungkinan akan diselenggarakan di sini lagi," ujarnya.

Turnamen ini terbuka untuk umum dan memperebutkan trofi bergilir Agum Gumelar. Selain itu juga menghadirkan berbagai hadiah menarik seperti satu unit mobil Honda Brio sebagai Grand Lucky Draw dan tiga unit sepeda motor.

Paling menarik, Agum Gumelar Cup 2022 menyediakan empat unit mobil bagi peserta yang bisa mencetak hole in one.

"Ada unit Mercedes Benz. Kemudian ada juga BMW dan juga di dua hole lainnya ada hadiah satu unit Pajero Sport dan Fortuner," kata Ketua Penyelenggara Agum Gumelar Cup 2022 Marsekal Muda TNI (Purn.) Gutomo dalam konferensi pers di Pondok Indah Golf Course, Jakarta, Rabu (31/8).

Sayangnya tidak ada peserta yang berhasil melakukan Hole in One dalam pertandingan ini.

"Saya sih sangat berharap ada yang Hole in One karena hadiahnya Mercedes, BMW dan Fortuner. Saya tadi di hole 3 sebelum pukul saya baca Al-Fatihah, tetapi tidak dapat," kata Agum.

Baca juga: Pegolf Thailand Prateeptienchai menangi BNI Ciputra Golfpreneur
Baca juga: Kemenpora dan KONI DKI apresiasi Liga Golf Jakarta 2022

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2022