Kediri (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri, Jawa Timur, membekali petugas kelurahan soal pendaftaran bantuan modal usaha yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH-CHT) Kota Kediri tahun 2023.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri Tanto Wijohari, Sabtu, mengemukakan petugas kelurahan diberi pelatihan terkait tata cara pengisian formulir pendaftaran bantuan modal.

"Tujuannya untuk mengenalkan formulir pendaftaran bantuan modal serta tata cara pengisiannya sehingga petugas kelurahan nantinya siap apabila ada warga yang ingin mendaftar di kelurahan. Jadi tidak perlu jauh-jauh ke kantor Disperdagin," ujarnya.

Pelatihan diberikan kepada 91 petugas kelurahan di Kota Kediri. Pemkot memberikan bantuan modal usaha DBH-CHT tahun 2023 sebagai upaya memperkuat perekonomian daerah berbasis potensi unggulan daerah dan pengembangan ekonomi kreatif untuk pemulihan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pihaknya berharap dengan bantuan tersebut bisa meringankan beban pemilik UMKM di Kota Kediri.

Pemkot Kediri akan membuka pendaftaran pada akhir Februari 2023 dengan sasaran yang berhak menerima bantuan modal antara lain buruh pabrik rokok yang memiliki usaha, pekerja pabrik rokok yang memiliki usaha, wirausaha sektor perindustrian dan perdagangan.

Baca juga: Pemkot Kediri fasilitasi pembukaan rekening penerima bantuan modal

"Syarat agar bisa mendaftar yaitu warga Kota Kediri, lokasi usaha juga di Kota Kediri, berusia 18-64 tahun, hanya satu penerima dalam satu KK/rumah, dan bukan merupakan penerima Bantuan Modal Usaha tahun 2022," ujar Tanto.

Masyarakat yang mengajukan, lanjutnya, harus menyiapkan beberapa dokumen pendaftaran yakni KTP, KK, foto berwarna 4x6, NIB, RAB, serta foto produk dan usaha.

Ia berharap nantinya petugas kelurahan dapat meneruskan informasi seputar pelaksanaan Bantuan Modal Usaha DBH-CHT 2023 ini kepada masyarakat serta membantu mereka yang mendaftar.

"Program ini sangat fleksibel, bisa daftar secara mandiri di kantor Disperdagin, maupun di kelurahan masing-masing melalui portal yang telah kami siapkan. Semoga pelaku usaha di Kota Kediri semakin terbantu melalui program ini," kata dia.

Pada 2022 program bantuan modal usaha dari DBH-CHT) Kota Kediri ini diberikan kepada 1.343 penerima yang merupakan pemilik usaha warga kota ini. Jumlah bantuan yang diterima setiap orang berbeda-beda, tergantung usahanya dengan maksimal Rp10 juta. 

Baca juga: Pemkot Kediri berikan bantuan modal wujudkan wirausaha mandiri
 
 

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2023