Surabaya (ANTARA) - Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Jawa Timur  menyiapkan sebanyak 9.010 unit komputer untuk pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), pada 8-14 Mei 2023.

"Ada sebanyak 9.010 unit komputer yang disiapkan Unesa. Jumlah itu belum termasuk komputer cadangan yang juga sudah disiapkan," kata Kepala Sub-Direktorat Infrastruktur dan Teknologi Informasi dan Pusat Data Unesa, I Gusti Lanang Putra Eka P., S.Kom., M.Kom., dalam keterangan di Surabaya, Rabu.

Tahun ini, peserta yang memilih tes UTBK di Unesa sebanyak 23.252 peserta. Angka tersebut, meningkat 1.111 peserta dari jumlah peserta tes yang memilih Unesa tahun 2022.

"Untuk pelaksanaan tes UTBK di Unesa bakal diselenggarakan di dua lokasi yaitu Kampus Lidah Wetan dan Kampus Ketintang," katanya.

Total ada 33 ruangan yang disiapkan untuk tes tersebut. Di kampus Ketintang tes dilaksanakan di gedung Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH).

Kemudian di kampus Lidah Wetan menggunakan gedung Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Training Center Gedung Rektorat dan Gedung Perpustakaan Pusat.

Pihaknya juga memastikan fasilitas lainnya seperti kelistrikan dan jaringan internet yang tersambung di laboratorium atau gedung yang digunakan sebagai lokasi tes.

Unesa sudah berkoordinasi dengan PLN untuk melakukan pengamanan jalur listrik di masing-masing gedung.

Kemudian bekerja sama dengan pihak kepolisian dan penyelenggara internet untuk menjamin bahwa selama proses UTBK dimonitoring penuh dari mitra kerja sama sehingga diharapkan nanti tidak ada hal-hal yang mengganggu pelaksanaan UTBK.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan Satlantas Polrestabes Surabaya termasuk mitra untuk mengatur jalur masuk dan keluar peserta hingga skema pengantaran peserta, agar tidak terjadi kepadatan di dalam maupun di jalur sekitaran kampus," katanya.

Unesa juga mempersiapkan skema tes untuk teman-teman disabilitas. Mengenai sesi khusus disabilitas, kata Eka, memang sudah ditentukan panitia pusat. Sesi khusus disabilitas ini ada di sesi kelima atau pada 10 Mei sesi pagi gelombang pertama.

Peserta disabilitas; tunanetra dan tunadaksa yang memilih tes di Unesa jumlahnya sekitar 36 orang. Guna memudahkan akses, pihak Unesa memilih lokasi tes di Gedung Rektorat sisi sayap lantai empat.

"Jalurnya sudah disiapkan dan ramah disabilitas. Teman-teman disabilitas bisa menggunakan kursi roda. Selain itu, juga disiapkan pendamping untuk membantu mengarahkan peserta ke lokasi tes dan bila dibutuhkan juga untuk menjelaskan tata tertib," demikian  I Gusti Lanang Putra Eka P.

Baca juga: Unesa mensosialisasikan penerimaan mahasiswa baru SNBT 2023

Baca juga: Unesa meningkatkan daya tampung mahasiswa baru

Baca juga: Unesa memberikan beasiswa gratis biaya kuliah untuk pemain timnas U20

Baca juga: Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri pengukuhan putrinya sebagai kepala sekolah Unesa


Pewarta: Willi Irawan
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2023