Jakarta, Indonesia, (ANTARA/PRNewswire)- Pada 12 Oktober 2023, Fapon, perusahaan life-science (ilmu hayati) terkemuka, menandatangani kontrak kerja sama strategis dengan Halodoc, platform telehealth (layanan kesehatan jarak jauh) terbesar di Indonesia. Kemitraan ini menyatukan keahlian Fapon dalam teknologi in-vitro diagnostics (IVD) dan solusi terintegrasi dengan jaringan penjualan dan layanan lokal Halodoc. Lewat kemitraan ini, kedua pihak ingin meningkatkan standar layanan kesehatan di Indonesia, menghadirkan manfaat bagi masyarakat lokal, serta mendorong perkembangan industri IVD di Indonesia.


Dalam kontrak kerja sama ini, Fapon akan bermitra dengan Halodoc di segmen IVD dengan mendirikan usaha patungan yang akan mengembangkan bisnis IVD, serta menyediakan produk diagnostik dan solusi kesehatan bermutu tinggi dan mudah digunakan di Indonesia. Berpengalaman di industri IVD selama 22 tahun, Fapon menguasai basis teknologi yang baik, serta portofolio produk yang lengkap dan inovatif. Lewat kolaborasi ini, Fapon akan mendukung Halodoc dalam riset dan produksi produk IVD di pasar lokal dengan memasok bahan baku penting, solusi reagen, serta platform instrumen terbuka. Sebagai perusahaan telehealth terbesar di Indonesia, Halodoc akan memakai jaringan penjualan, akademisi, dan koneksi industri untuk mempercepat ekspansi pasar, menggerakkan pertumbuhan bisnis yang konsisten, serta mencapai hasil yang saling menguntungkan.

Menurut Jielun ZHU, Chief Financial Officer & Chief Investment Officer, Fapon, berkat jumlah penduduk yang besar dan perekonomian Indonesia yang terus bertumbuh, kebutuhan produk, teknologi, serta layanan IVD telah meningkat. Mengandalkan keunggulan teknologi, Fapon akan berkolaborasi dengan Halodoc untuk mengembangkan sektor IVD di Indonesia. Dengan mengintegrasikan teknologi diagnostik inovatif dengan keunggulan layanan online, kemitraan ini akan menyediakan layanan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat lokal. Meningkatkan komitmennya di pasar Indonesia, Fapon telah mendirikan sebuah kantor di Indonesia untuk menyediakan layanan efisien dan dukungan teknis bagi mitra lokal.

Jonathan Sudharta, CEO & Salah Satu Pendiri Halodoc, berkata, "Kami gembira berkolaborasi dengan Fapon dalam sebuah kemitraan strategis yang menggabungkan komitmen kami pada inovasi dengan keahlian Fapon dalam teknologi IVD. Lewat kemitraan ini, kami menjawab kebutuhan akan layanan diagnostik dan kesehatan canggih. Kemitraan ini juga mencerminkan dedikasi kami untuk menyediakan solusi kesehatan yang mudah diakses masyarakat Indonesia. Dengan berkolaborasi, kami menciptakan masa depan yang lebih sehat dan cerah bagi masyarakat Indonesia sejalan dengan visi Generasi Emas 2045."

Tentang Fapon

Fapon adalah perusahaan life science terkemuka di dunia yang menyediakan solusi dan layanan terintegrasi untuk diagnosis, biofarmasi, dan bioterapi. Mengintegrasikan solusi terpadu yang mencakup bahan baku, reagen, dan platform instrumen terbuka yang inovatif, Fapon kini berkembang sebagai vendor in-vitro diagnostics terkemuka. Fapon memiliki inovasi canggih dalam teknologi pengobatan dan platform algoritma AI, didukung analisis data yang berkontribusi mewujudkan dunia yang lebih baik dan sehat. Dengan tim litbang, manufaktur, penjualan, dan jaringan penjualan, produk Fapon kini menjangkau 68 negara dan wilayah, serta melayani lebih dari 2.500 mitra bisnis di seluruh dunia.

Ikuti Fapon di LinkedIn atau kunjungi situs kami www.faponbiotech.com.

Tentang Halodoc

Halodoc adalah pionir ekosistem kesehatan digital yang memiliki misi untuk mempermudah akses layanan kesehatan. Maka, Halodoc mengatasi kendala pengguna dengan menyediakan akses layanan kesehatan yang aksesibel, andal, dan terjangkau. Halodoc juga berkomitmen meningkatkan kesehatan dengan menawarkan solusi kesehatan komprehensif, mulai dari pendekatan preventif hingga kuratif, dan seluruh layanan ini tersedia dalam satu aplikasi.

Sejak 2016, Halodoc meningkatkan literasi kesehatan di Indonesia dengan menyediakan Komunikasi, Edukasi, dan Informasi (KIE) yang mempermudah pengguna. Di sisi lain, ekosistem Halodoc juga berekspansi hingga menawarkan sejumlah layanan yang semakin mempermudah akses layanan kesehatan, mulai dari Home Lab sebagai fitur kesehatan preventif yang membantu pengguna menjalani tes kesehatan jarak jauh secara privat dan aman; My Insurance, fitur yang mempermudah pengguna membayar biaya rawat jalan secara nontunai; Chat with Doctor, fitur yang memfasilitasi konsultasi pengguna dengan 20.000 dokter dan tenaga kesehatan resmi lewat pesan singkat, panggilan video, atau panggilan suara; serta, Health Store yang menjual obat-obatan, suplemen, dan produk kesehatan lain dari jaringan tepercaya yang mencakup 4.900+ apotek.

Halodoc telah diakui sebagai salah satu platform telehealth yang berdampak positif di sektor layanan kesehatan, serta menyandang status "supervised" dalam program Regulatory Sandbox yang dijalankan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Status ini mencerminkan komitmen dan kemitraan erat antara Halodoc dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, serta menjamin mekanisme pengawasan Penyelenggara Inovasi Kesehatan Digital, serta konsumen dan tenaga kesehatan sebagai mitra inovasi digital. Dalam perkembangannya, Halodoc juga sukses meraih sederet penghargaan bergengsi tingkat nasional dan internasional, seperti tercantum sebagai satu-satunya usaha rintisan teknologi kesehatan di Asia Tenggara dalam daftar "Digital Health 150" versi CB Insights pada 2019-2020, serta memenangkan penghargaan PPKM 2023 dari pemerintah Indonesia.

Aplikasi Halodoc dapat diunduh lewat  iOS dan Android.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2023