Denpasar (ANTARA) - Perusahaan operator seluler Telkomsel yang merupakan bagian dari BUMN Telkom Group membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Bali lewat kerja sama melalui aplikasi yang digunakan pelanggan mereka, sehingga UMKM lainnya diajak untuk bergabung dan mendapat kesempatan promosi gratis.

“Kami mengajak semua usaha terutama UMKM yang mungkin punya dana terbatas untuk promosi mau beriklan tapi tidak sampai ke luar Denpasar itu bisa melalui My Telkomsel kita, juga media kampanye lain,” kata Manager Business Growth and Analytics Telkomsel Region Bali Nusra Dhany Wicaksono Handoyo.

Dalam kegiatan nonton bareng pelanggan, di Denpasar, Jumat, Dhany mengatakan hingga saat ini sudah ada 42 usaha yang bergabung dan terpajang bisnisnya di aplikasi mereka, di mana setidaknya 30 persen merupakan UMKM milik masyarakat lokal, dan sisanya menengah ke atas.

Adapun bentuk promosi yang didapatkan wirausahawan adalah pengenalan usaha mereka mulai dari gambar baner hingga produk yang dijual ke pelanggan Telkomsel di Bali yang saat ini jumlahnya 4 juta pengguna aktif.

Dhany mengatakan UMKM juga berkesempatan mendaftar dengan gratis, karena pihaknya sudah menentukan penawaran-penawaran, dan selanjutnya ketika sudah bergabung akan ada kerja sama di mana pelanggan provider tersebut bisa klaim produk dari poin yang mereka miliki.

“Selama ini kami aktif mencari UMKM, dan bagi yang membutuhkan dukungan promosi maupun tambahan keuntungan bisa langsung datang ke Grapari mana saja akan dihubungkan,” ujarnya.

Melihat tren pelanggan yang terus meningkat di Bali terutama pasca-pandemi COVID-19 yang lonjakannya 4 persen, anak perusahaan dari BUMN bidang jasa layanan telekomunikasi ini menargetkan tahun 2024 jumlah UMKM yang bergabung bertambah hingga dua kali lipat atau di angka 80 usaha.

Dhany melihat pemberian bonus pelanggan melalui klaim poin dan ditukar dengan produk UMKM menjadi penyebab minat pengguna Telkomsel meningkat.

“Karena kita cukup aktif mengakuisisi usaha, jadi usaha ini bisa mengikat pelanggan yang tadinya aplikasi hanya untuk beli paket data sekarang muncul penawaran pedagang-pedagang lokal, kan lebih menarik karena usahanya di dekat mereka bukan yang jaraknya jauh,” kata dia lagi.

Dalam kesempatan ini, beberapa dari usaha yang bergabung juga diajak nonton bareng film di sebuah mal di tengah Kota Denpasar, mereka merayakan momentum libur akhir tahun bersama ratusan pelanggan Telkomsel.
Baca juga: Wuling kerjasama dengan Telkomsel untuk manfaatkan teknologi pintarnya
Baca juga: IndiHome Karaoke hadir kembali dengan tampilan dan fitur kekinian baru

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2023