Jakarta (ANTARA) - Meta terus maju dengan upayanya untuk membuat produk-produk yang didukung kecerdasan buatan generatif tersedia untuk lebih banyak pengguna, termasuk sedang melakukan eksperimen dengan menempatkan Meta AI di kolom pencarian Instagram untuk obrolan dengan AI dan penemuan konten. 

Dikutip dari Techcrunch, Minggu, kueri pencarian di kolom pencarian mengarahkan Anda ke percakapan di DM dengan Meta AI, di mana Anda dapat bertanya atau menggunakan salah satu prompt yang telah dimuat sebelumnya. 

Desain layar prompt mendorong CEO Perplexity AI, Aravind Srinivas, untuk menunjukkan bahwa antarmuka tersebut menggunakan desain yang mirip dengan layar pencarian startup tersebut. 

Baca juga: Meta uji coba terbatas Meta AI di Whatsapp, Instagram, dan Messenger

Namun selain itu, ini juga dapat membantu pengguna menemukan konten baru di Instagram. Misalnya, sebuah video di Threads yang diunggah oleh seorang pengguna menunjukkan bahwa Anda dapat mengetuk prompt seperti "Beautiful Maui sunset Reels" untuk mencari Reels yang terkait dengan topik tersebut.

Secara terpisah, beberapa pengguna yang TechCrunch tanyai dapat meminta Meta AI untuk mencari saran Reels.

Ini berarti bahwa Meta berencana untuk memanfaatkan kekuatan kecerdasan buatan generatif di luar generasi teks dan menggunakannya untuk menampilkan konten baru dari jaringan seperti Instagram.

Baca juga: Instagram menguji coba fitur yang memburamkan pesan gambar vulgar

Meta mengonfirmasi eksperimen Meta AI-nya di Instagram dengan TechCrunch. Namun, perusahaan tidak menjelaskan apakah mereka menggunakan teknologi kecerdasan buatan generatif dalam pencarian.

"Pengalaman kami yang didukung oleh kecerdasan buatan generatif sedang dalam pengembangan dalam berbagai fase, dan kami sedang menguji berbagai macam secara publik dalam kapasitas terbatas," kata juru bicara Meta kepada TechCrunch.

Baca juga: WhatsApp uji coba tombol "Like" lebih sederhana untuk reaksi status

Pengguna dapat menemukan banyak postingan atau unggahan tentang kualitas pencarian Instagram. Jadi, tidak mengherankan jika Meta ingin menggunakan kecerdasan buatan generatif untuk meningkatkan pencarian.

Selain itu, Meta pasti ingin Instagram memiliki daya temukan yang lebih baik dari TikTok. Tahun lalu, Google memperkenalkan fitur perspektif baru untuk menampilkan hasil dari Reddit dan TikTok. Awal pekan ini, reverse engineer Alessandro Paluzzi mencatat di X bahwa Instagram sedang mengerjakan opsi bernama "Visibility off Instagram" untuk mungkin menampilkan posting sebagai bagian dari hasil mesin pencarian.

Baca juga: Instagram paling populer di kalangan Gen Z menurut Invinyx dan Jakpat

Baca juga: Meta luncurkan alat pengeditan video berbasis kecerdasan buatan

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2024