Makassar (ANTARA) - Sebanyak 20.222 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2024 dengan tim pengawas kurang lebih 1.000 orang dari dosen maupun tenaga kependidikan di lingkup Universitas Hasanuddin (Unhas).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof Muhammad Ruslin di Makassar, Kamis, mengatakan dengan jumlah peserta yang cukup besar, sehingga pelaksanaan UTBK tahun ini berlangsung dalam dua gelombang.

Baca juga: Unhas siapkan tim IT antisipasi penggunaan alat canggih curangi UTBK

Untuk gelombang UTBK pertama berlangsung 30 April, kemudian dilanjutkan hari ini hingga 7 Mei 2024. Sementara untuk gelombang kedua berlangsung dari 14 sampai 17 Mei 2024.

Unhas menyiapkan 41 ruangan ujian yang berada di 21 lokasi dengan rincian 6 lokasi di Kampus Unhas Gowa dan 15 lokasi di Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar.

"Sementara untuk komputer yang akan digunakan peserta sudah kami siapkan sesuai standar nasional dari pusat," ujarnya pada kegiatan konferensi pers di Gedung Senat Fakultas Kedokteran Unhas.

Prof Ruslin mengatakan sebelumnya terdapat 120 peserta yang dinyatakan lolos melalui jalur undangan. Namun, ratusan peserta ini hilang kontak dan tidak mendaftar ulang, sehingga mereka dinyatakan gugur, sehingga kuota 120 peserta itu akan di geser jalur UTBK.

Baca juga: Unhas fokus perkuat sistem pengawasan jelang UTBK-SNBT

Baca juga: Rektor Unhas: Pelaku kecurangan UTBK SNBT ditindak tegas


Sementara itu, Kepala Subdirektorat Penerimaan Mahasiswa Baru Unhas Nurul Ichsani mengatakan pelaksanaan UTBK dua hari ini berlangsung lancar.

Unhas juga menerima kunjungan dari delegasi Tim Penanggung Jawab Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) pusat untuk melakukan monitoring dan evaluasi (monev) Pelaksanaan UTBK-SNBT 2024 di Pusat UTBK Unhas.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024