Balikpapan (ANTARA) - Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik melepas keberangkatan 319 calon haji (Calhaj) yang terdaftar dalam kelompok terbang (kloter) pertama di Embarkasi Balikpapan menuju ke Tanah Suci.

Akmal Malik di Balikpapan, Selasa, berpesan kepada jamaah haji untuk selalu menjaga kesehatan, sehingga saat di Tanah Suci bisa menjalankan ibadah haji dengan sebaik-baiknya.

Baca juga: Calon haji diimbau olahraga ringan jelang berangkat ke Tanah Suci

“Kami berharap ibadah calon haji Kaltim ini berjalan dengan lancar, dalam perjalanan terus dinaungi keselamatan, baik saat keberangkatan hingga kembali ke Tanah Air dan berkumpul keluarga,” kata Akmal Malik saat melepas keberangkatan calon haji di Aula Jabal Nur UPT Asrama Haji Batakan, Balikpapan.

Akmal mengingatkan kepada Calhaj untuk selalu sabar ketika menjalani ibadah di Tanah Suci, salah satunya dengan menjaga perasaan tidak mudah marah.

“Perbanyak sholawat dan berdoa. Semoga bisa menjadi haji mabrur,” kata Akmal Malik.

Akmal juga menitipkan pesan kepada semua pihak yang terlibat sebagai petugas haji untuk berperan aktif dan memberikan pelayanan terbaik kepada  jamaah haji.

Mengingat Calhaj yang diberangkatkan dari Embarkasi Balikpapan bukan hanya dari Kaltim. Tapi, Kalimantan Utara (Kaltara), Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Sulawesi Utara (Sulut).

“Pelayanan harus diutamakan agar jamaah merasa nyaman beribadah,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Balikpapan Mohlis menyebutkan bahwa Embarkasi Balikpapan tahun ini memberangkatkan 5.936 Calhaj dan petugas haji 94 orang, yang terbagi menjadi 19 Kloter.

Baca juga: Kemenag Kaltim layani persiapan calon haji daftar tunggu 2025

Baca juga: Dinkes Kaltim ingatkan calon haji perbanyak minum air putih


“Rinciannya, jumlah jamaah Kaltim sebanyak 2.723 orang, Kalimantan Utara 436, Sulawesi Tengah 2.062, dan Sulawesi Utara 715 orang,” kata Mohlis.

Khusus calon haji kloter satu asal Balikpapan yang dilepas oleh Akmal Malik berjumlah 319 orang, dengan rincian 130 laki-laki dan 189 perempuan, ditambah dengan lima petugas haji.

“Pada kloter pertama ini calon haji tertua berusia 79 tahun dan termuda 27 tahun. Yang lansia 58 orang, dan yang pakai kursi roda sembilan orang,” ujarnya.

Pewarta: Arumanto
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024