Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengatakan pembangunan fasilitas olahraga untuk mendukung pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut telah berjalan sesuai dengan target pemerintah.

"Alhamdulillah semua pembangunan fasilitas serta persiapan berjalan dengan baik dan sesuai target," ujar Dito melalui akun instagram pribadi: @ditoariotedjo yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan, pembangunan fasilitas utama seperti Stadion Utama Sumatera Utara mencapai 41,27 persen, sedangkan Stadion Harapan Bangsa Aceh mencapai 31,35 persen.

Pihaknya juga akan segera mengunjungi langsung arena-arena tersebut untuk memastikan progres pembangunan berjalan dengan lancar.

Lebih lanjut , Dito menyampaikan telah melakukan rapat tingkat menteri bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Penjabat Gubernur Aceh Bustami Hamzah, Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin, dan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman beserta jajaran terkait persiapan PON.

Selain berkoordinasi terkait persiapan fasilitas penunjang PON, rapat bersama itu juga untuk memastikan dukungan seluruh pemerintah provinsi terkait persiapan kontingen dan pelatihan daerah bagi para atlet.

"Bismillah untuk seluruh persiapan akan selesai sesuai dengan rencana demi olahraga Indonesia," pungkasnya.

PON XXI akan mempertandingkan sebanyak 34 cabang olahraga, 46 disiplin olahraga, dan 602 nomor pertandingan.

 

Selanjutnya: Kabupaten Deli Serdang

Kabupaten Deli Serdang menjadi lokasi terbanyak memainkan cabang olahraga pada kompetisi olahraga nasional empat tahunan tersebut yaitu atletik, balap sepeda road race, berkuda, bermotor, voli, boling, bulu tangkis, cricket, barongsai, drumband, gateball, hockey, ju-jitsu, karate, senam, futsal, squash, taekwondo, wushu, dan pencak silat.

Sementara Kota Medan, ibu kota Provinsi Sumatera Utara akan menjadi saksi pertarungan kabaddi, tinju, esport, dance sport, akuatik, BMX, biliar, binaraga, golf dan tenis meja. Di Kabupaten Karo akan berlangsung pertandingan balap sepeda MTB (sepeda gunung).

Selain itu, Kabupaten Serdang Bedagai akan menyajikan pertandingan bola voli pasir, Kota Siantar akan memainkan pertandingan kick boxing serta Kabupaten Toba juga akan memainkan pertandingan ski air.

Pertarungan untuk cabang olahraga gulat akan berlangsung di Kota Binjai, cabang olahraga sambo akan digelar di Kabupaten Langkat, dan renang kategori renang perairan terbuka akan berlangsung di Kabupaten Simalungun.

Baca juga: Pj Gubernur Aceh jamin kenyamanan tamu pada PON XXI Aceh-Sumut 2024
Baca juga: Tito imbau seluruh gubernur dukung pelaksanaan PON XXI
Baca juga: Menpora imbau kepala daerah memberi hadiah atlet berprestasi di PON

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024