Kabupaten Bogor (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengerahkan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) untuk menyemarakkan Hari Jadi Bogor ke-542.

Ketua Kadin Kabupaten Bogor Sintha Dec Checawaty di Cibinong, Minggu, menjelaskan bahwa Gebyar UMKM dan IKM ini akan diselenggarakan di Stadion Pakansari pada 8 Juni 2024, dirangkaikan dengan kegiatan olahraga jalan sehat dan senam bersama.

"Kami ingin memeriahkan HJB ke-542 yang bertemakan 'Babarengan, Akur dan Makmur'. Kami didukung Disdagin (Dinas Perdagangan dan Perindustrian) akan menggelar Gebyar UMKM dan IKM pada 8 Juni nanti," ungkapnya.

Sintha menjelaskan tujuan lain dari Gebyar UMKM dan IKM untuk mengeksplorasi produk-produk atau karya warga Kabupaten Bogor.

"Agar semua produk UMKM dan IKM Kabupaten Bogor dikenal, disukai dan dibeli oleh masyarakat. Kami berharap, Gebyar UMKM dan IKM menarik kunjungan wisatawan dari luar Bogor," ujar Sintha.

Produk UMKM dan IKM yang akan dipamerkan dalam gebyar berasal dari pelaku usaha maupun mitra Kadin di 40 kecamatan dengan produk-produk kategori unggulan.

Sementara, Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu menjelaskan tema Hari Jadi Bogor (HJB) berupa "Babarengan, Akur dan Makmur" meneguhkan komitmen sinergi antara pemerintah daerah, stakeholder, dan berbagai elemen masyarakat untuk mencapai kemakmuran Bersama.

Ia berharap, dengan semangat gotong royong dan kekeluargaan yang dijunjung tinggi oleh masyarakat, menjadi pendorong utama dalam menjaga keharmonisan dan mempercepat pembangunan daerah.

"Perayaan hari jadi yang sarat makna ini, diharapkan semua pihak dapat semakin menyadari pentingnya memperkokoh persatuan dan kesatuan, menjaga kerukunan antarwarga, serta bersama-sama membangun Kabupaten Bogor," kata Asmawa.

Menurut dia, perayaan HJB kali ini akan diprioritaskan untuk masyarakat melalui penyediaan berbagai layanan publik.

"Jadi tidak elitis hanya untuk jajaran pemerintah saja. Itu kira-kira kegiatannya cukup banyak, baik dari sisi kesehatan, Pendidikan, seni, budaya, pelayanan masyarakat ya," ungkapnya.

Asmawa memaknai HJB ke-542 sebagai momentum bagi seluruh aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Bogor dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

"Ini adalah bentuk komitmen pemerintah dalam rangka memberikan layanan publik yang berkeadilan tanpa diskriminasi kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Bogor," ujar Asmawa.

Baca juga: Pemkab Bogor gandeng Kadin jual beras murah keliling pasar tradisional
Baca juga: Kadin Kota Bogor: Ekonomi sektor riil dan jasa membaik

 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2024