Jakarta (ANTARA) - Financial Expert Ajaib Kripto Panji Yudha menyampaikan bahwa aset kripto Bitcoin (BTC) berpotensi bergerak bullish (menguat) seiring keberadaan berbagai sentimen pada akhir Mei 2024.

“Bitcoin kembali naik di atas support 69.000 dolar Amerika Serikat (AS), dan jika dapat bertahan di atas support 69.000 dolar AS, ada potensi untuk kembali menguji level 73.000 dolar AS. Sementara apabila breakdown support maka potensi melemah terlebih dahulu ke support trendline di 67.000 dolar AS,” ujar Panji di Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan akan terdapat rilis beberapa data ekonomi AS, di antaranya data kepercayaan konsumen pada Selasa (28/05) dan data pertumbuhan PDB kuartal I-2024 pada Kamis (30/05), yang memberikan perkiraan lanjutan dan wawasan mengenai kesehatan perekonomian AS dibandingkan kuartal sebelumnya.

“Di sisi lain, semua perhatian tertuju pada rilis Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) AS pada 31 Mei 2024. Ukuran inflasi utama ini mempengaruhi kebijakan The Fed, yang berpotensi menyebabkan fluktuasi harga Bitcoin. Jadi, mengikuti data ini akan sangat penting bagi setiap investor aset kripto,” ujar Panji.

Baca juga: Indodax: Persetujuan ETF Ethereum oleh SEC dorong harga koin ETH naik

Sementara itu, ia menjelaskan Ethereum (ETH) berpotensi melampaui harga 4.000 dolar AS dalam waktu dekat, didorong oleh kabar Komisi Sekuritas dan Berjangka Hong Kong (SFC) yang dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk menyertakan opsi staking Ethereum (ETH) bagi penerbit ETF ETH spot di Hong Kong.

“Selain itu, core developer Ethereum juga telah memberikan informasi terkait peluncuran upgrade Ethereum selanjutnya yang dinamakan ‘Pectra’, yang akan diluncurkan pada akhir kuartal I- 2025,” ujar Panji.

Panji menjelaskan pada pekan lalu terjadi keputusan penting dalam industri aset kripto dari US Securites and Exchange Commission (SEC) setelah persetujuan ETF Bitcoin pada Januari 2024.

Baca juga: Indodax: Altcoin buka peluang investasi lebih beragam bagi investor

Pada 23 Mei 2024, SEC menyetujui pengajuan delapan aplikasi ETF Ethereum spot dari VanEck, BlackRock, Fidelity, Grayscale, Franklin Templeton, ARK 21Shares, Invesco Galaxy, dan Bitwise.

Data Selasa (28/05) pagi ini pukul 08:00 WIB, harga Bitcoin (BTC) tercatat di level 69.345 dolar AS atau naik 0,37 persen, sedangkan Ethereum (ETH) turun 0,20 persen menjadi 3.875 dolar AS.

Total kapitalisasi pasar aset kripto berada di angka 2,524 triliun dolar AS, atau menguat 1,05 persen dalam 24 jam terakhir.

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024