Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Provinsi Papua mengharapkan setiap anak bangsa di daerah ini supaya dapat terus menjaga nilai-nilai persatuan dalam rangka menciptakan kondisi daerah yang nyaman dan kondusif.

Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Sentani, Sabtu mengatakan tema yang diusung pada peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini ialah ‘Pancasila Jiwa Permersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas tahun 2045’.

Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 diperingati oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura bersama forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) setempat dengan menggelar upacara di lapangan apel Kantor Bupati Jayapura pada Sabtu (1/6).

“Kehidupan yang aman, nyaman yang ada di Indonesia khususnya Papua itu mengacu pada nilai-nilai luhur Pancasila yang luhur sebagaimana telah dirancang oleh tokoh-tokoh besar bangsa ini di masa lalu,” katanya.

Menurut Pj Bupati, tahun ini juga logo Hari Lahir Pancasila berupa Sandya Taru yang berarti pohon persatuan, gotong royong dan kesetaraan.

“Pohon Sandya Taru atau pohon persatuan tercipta dari nilai Pancasila ketiga persatuan Indonesia dengan pohon beringin, dimana setiap anak bangsa di Kabupaten Jayapura harus dapat menjaga kesatuan dalam rangka tercipta kedamaian di daerah ini,” ujarnya.

Dia menjelaskan kehidupan sosial kalau ingin berjalan baik maka setiap warga negara di Papua khususnya Kabupaten Jayapura harus dapat menjaga sikap dan tingkah laku yang ujungnya merupakan persatuan.

“Apalagi beberapa bulan kita akan menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak maka untuk menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban yang kondusif maka nilai-nilai persatuan itu harus dijaga meskipun berbeda pilihan,” katanya.

Dia menambahkan Pancasila itu mengandung nilai filosofi yang sangat tinggi yang diatur norma-norma luhur, budaya dan adat istiadat bangsa Indonesia yang mengedepankan toleransi, gotong royong, hormat-menghormati, kesopanan, tenggang rasa.

“Kami berpesan nilai-nilai Pancasila itu harus ada di hati setiap warga negara sehingga tatanan sosial di Kabupaten Jayapura yang diharapkan dapat tercipta dengan baik,” ujarnya.

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2024