Jakarta (ANTARA) - CTO Indodax William Sutanto menilai, mempelajari teknologi blockchain dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya peluang karier di masa depan.

"Ada banyak peluang karier di bidang blockchain, mulai dari pengembangan teknologi hingga konsultasi dan analisis. Pemahaman tentang blockchain dapat membuka banyak pintu bagi profesional muda di Indonesia, memberikan mereka kesempatan untuk berkontribusi dalam industri yang sedang berkembang pesat ini," kata William dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis.

William menjelaskan bahwa peluang karier di industri blockchain tidak terpatok hanya dalam sektor teknologi informasi (IT), tetapi tetap membutuhkan sektor lain selayaknya perusahaan di luar industri blockchain, yaitu pemasaran, penjualan, pengembangan bisnis, media sosial, dan lain sebagainya.

“Keadaan saat ini di mana supply masih sedikit, dan demand sudah banyak, menjadi kesempatan lapangan kerja baru yang bisa dibilang banyak untuk teman-teman yang sedang mencari kerja. Dan tidak hanya itu, bahkan ada kesempatan untuk bekerja remote karena perusahaan atau industri blockchain lebih banyak di luar negeri," ujarnya pula.

Ia menyampaikan, Indodax juga memiliki Indodax Academy yang dapat diakses gratis melalui kanal YouTube, situs web dan platform media sosial Indodax.

Hadirnya teknologi blockchain, katanya pula, menjadikan kripto sebagai salah satu instrumen aset investasi yang menjanjikan di masa depan.

Penggunaan teknologi blockchain ke depan dapat menjangkau berbagai jenis industri, namun tentu diperlukan regulasi yang lebih jelas dan terukur dari pemerintah.

Ia menekankan bahwa pemahaman mendalam tentang teknologi blockchain sangat penting, terutama bagi mereka yang terlibat dalam industri ini.

"Blockchain bukan hanya tentang cryptocurrency, tetapi juga tentang bagaimana data dapat diatur dan diamankan secara lebih efektif. Dengan memahami prinsip dasar dan mekanisme kerja blockchain, kita dapat memanfaatkan potensinya secara maksimal," ujar William.

Teknologi blockchain telah banyak digunakan di segala macam industri di lingkup global, mulai dari keuangan, rantai pasok, hingga gim.

Ia berharap, masyarakat Indonesia bisa menciptakan hal-hal baru di industri tersebut. Di sisi lain, teknologi blockchain memiliki potensi besar untuk mentransformasi berbagai industri.

Blockchain menjadi sebuah revolusi digital yang dapat meningkatkan efisiensi dan transparansi di berbagai sektor, mulai dari keuangan, logistik, kesehatan, hingga pemerintahan.

“Teknologi ini membuka peluang untuk menciptakan sistem yang lebih transparan dan efisien,” ujarnya pula.
Baca juga: CEO Indodax imbau masyarakat tak menunda belajar kripto
Baca juga: INDODAX sebut pasar token RWA diprediksi capai 16 triliun dolar AS

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2024