Kabupaten Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mencanangkan Program UMKM Naik Kelas dengan mengajak masyarakat mencintai produk lokal dari daerah tersebut.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bogor Iman Wahyu Budiana di Cibinong, Selasa, mengungkapkan pencanangan program ini masuk dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Bogor atau HJB ke-542.

Melalui Program UMKM Naik Kelas, Pemerintah Kabupaten Bogor melakukan optimalisasi pembinaan pelaku UMKM dalam memasarkan produk-produknya.

“Dukungan kami melalui pembinaan seperti pelatihan terkait perizinan, kemasan, dan pemasaran. Semoga UMKM Kabupaten Bogor bisa terus berkembang dan bisa mengikuti berbagai event besar, tidak hanya hari ini juga di momen lebih luas lainnya,” ungkap Iman.

Baca juga: BSI gandeng Qasir.id untuk optimalkan akses permodalan bagi UMKM

Diskop UKM Kabupaten Bogor juga  gencar mengajak para pelaku UMKM untuk membuat sertifikasi halal. Pemkab Bogor bahkan memiliki program pembuatan sertifikasi halal gratis yang dilaksanakan empat gelombang, setiap gelombang untuk 50 orang.

Di samping itu, kata Iman, untuk bantuan permodalan, mereka bisa mengakses Kredit Usaha Rakyat atau KUR, yang merupakan program pembiayaan atau kredit bersubsidi dengan bunga rendah. Pemkab Bogor dalam hal ini memfasilitasi dengan memberikan rekomendasi kepada para pelaku UMKM untuk mendapatkan KUR.

“Tentunya rekomendasi ini dikeluarkan setelah kami melakukan asesmen dan validasi kepada UMKM tersebut, di antaranya kami cek apakah sudah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB), kemudian apakah punya sertifikasi halal, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Baca juga: PLN UIP Nusra rutin berikan pelatihan untuk UMKM tingkatkan kualitas

Salah satu pelaku UMKM Naik Kelas Nenny Craft mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Bogor karena membantu para pelaku usaha kecil dalam mempromosikan produk dan mengembangkan usaha.

“Terima kasih Pj Bupati Bogor, Diskop UMKM dan jajaran atas dukungan yang luar biasa kepada kami. Kegiatan ini sangat memuaskan, di sini kita utamakan kebersamaan, berbaur dengan semua untuk saling menguatkan satu sama lain,” ungkap Nenny.
 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024