Kota Bandung (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melakukan peninjauan stok sejumlah komoditas pangan di Pasar Sederhana Kota Bandung, Jawa Barat, menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Adha 1445 Hijriah.

“Jadi Lebaran Haji ini tidak akan ada masalah sembako, barangnya banyak, harganya stabil, Insya Allah lebaran lancar,” kata Mendag usai melakukan peninjauan Pasar Sederhana di Bandung, Sabtu.

Dalam kunjungannya, Zulhas berinteraksi dengan sejumlah pedagang mulai pedagang beras, pedagang daging ayam, hingga pedagang telur.

Dari pemantauan di pasar tersebut, Mendag mengatakan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok masih dalam batas yang aman.

Harga daging sapi pada kisaran Rp140 ribu per kilogram, bawang merah Rp40 ribu per kilogram dan harga telur Rp28 ribu per kilogram.

Selain itu, dia menyoroti harga daging ayam yang dianggap terlalu murah, karena pemerintah telah menetapkan harga eceran tertinggi (HET) dalam kisaran Rp39 ribu hingga Rp40 ribu.

“Harga daging ayam Rp35 ribu itu terlalu murah ya kan kasihan peternaknya bisa tutup dia,” katanya.

Pada kesempatan itu juga, Zulhas membagikan 200 paket beras stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) kepada pengunjung pasar, untuk masyarakat kurang mampu agar meringankan beban ekonomi.

“Yuk kita sekarang bagi beras untuk rakyat,” kata Zulhas.

Baca juga: Mendag anjurkan warga sembelih hewan kurban di rumah potong hewan
Baca juga: Mendag sebut kenaikan HET MinyaKita setelah Idul Adha


Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2024