Sentani (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura menggencarkan promosi Festival Danau Sentani (FDS) guna meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

Ketua DPRP Johny Banua Rouw di Sentani, Rabu, mengatakan, gaung FDS akan semakin baik ketika dipromosikan dengan profesional sehingga mampu menarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung.

"Kami berharap ke depan supaya promosi FDS ini lebih digaungkan lagi sehingga mampu menarik wisatawan untuk datang menyaksikan kegiatan budaya dan kesenian," katanya.

Menurut Johny, meningkatkan jumlah wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menyaksikan secara langsung FDS maka akan berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi pelaku-pelaku usaha mikrio kecil dan menengah (UMKM) di tempat ini.

"Tujuannya kan ke sana, ketika promosi baik, wisatawan yang datang banyak, maka potensi untuk hasil kerajinan, kuliner, perhotelan di daerah ini akan sama-sama ikut meningkat," ujarnya.

Dia menjelaskan kondisi ini yang dinamakan sebab akibat, dimana kegiatan yang dikelola dengan terorganisir maka berdampak pada hasil yang optimal.

"Kami berharap melalui kegiatan ini maka ekonomi masyarakat di sini ikut membaik, karena setiap pengunjung yang datang pasti membawa dampak signifikan kepada peningkatan kesejahteraan pelaku UMKM," katanya.

Dia menambahkan FDS dengan menampilkan Isosolo atau tarian budaya yang dilakukan sejumlah penari di atas Danau Sentani dengan menggunakan perahu hanya ada di Kabupaten Jayapura Provinsi Papua.

"Kekayaan ini perlu untuk dijaga dan dipertahankan sehingga menjadi daya tarik wisatawan asing maupun lokal berkunjung ke tempat ini," ujarnya.

Ketua DPRP Johny Banua Rouw hadir pada pembukaan Festival Danau Sentani (FDS) XIV 2024 di Pantai Wisata Khalkote Kampung Asei Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura pada Rabu (19/6).

Baca juga: Pemkab Jayapura sebut pertunjukan utama FDS XIV Isosolo 16 kampung
Baca juga: Pemkab Jayapura berharap FDS kembali masuk agenda nasional
Baca juga: Pemkab Jayapura sebut sagu jadi menu makanan utama pada FDS XIV 2024

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2024