Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta yang bergerak di bidang pangan dinilai telah berperan penting dalam menstabilkan harga dan pasokan pangan serta pengendalian inflasi di Jakarta.

"Banyak tugas yang diberikan Pemprov DKI kepada PT Food Station, Perumda Pasar Jaya dan Perumda Dharma Jaya," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, peran BUMD pangan DKI Jakarta sangat penting dalam hal menjaga stabilitas harga pangan di DKI, karena dengan perannya inflasi dapat ditekan.

Salah satu sinergi BUMD pangan, yaitu menyelenggarakan "Jakarta Food Festival 2024" yang diadakan selama dua hari pada 20-21 Juni.

Baca juga: Pemkab pelajari cara tanam buah naga untuk perkuat ketahanan pangan

Heru mengatakan, kegiatan ini menandakan komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk terus mempertahankan inflasi dan menjaga stabilisasi pasokan dan harga bahan pangan pokok di DKI Jakarta.

"Peran BUMD pangan itu untuk menjaga stabilitas ekonomi dan menjaga stabilitas harga pangan di wilayah Jakarta," tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Heru meluncurkan dua produk baru PT Food Station Tjipinang Jaya, yaitu beras premium Padiwangi dan Ciwangi.

Kedua produk beras premium ini siap didistribusikan kepada masyarakat melalui ritel yang bekerjasama dengan PT Food Station Tjipinang Jaya. Selain itu, Heru juga memberikan apresiasi atas diversifikasi produk beras dari singkong dan jagung.

"Tentunya ini sangat membanggakan. Karena masyarakat bisa memilih produk yang berkualitas dan diversifikasi dari pangan pokok kita," katanya.

Baca juga: BI DKI sebut inflasi terkendali yang didukung lancarnya pasokan pangan

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi memberikan apresiasi kepada Pemprov DKI Jakarta yang menggelar "Jakarta Food Festival 2024" karena dapat membantu masyarakat dalam membeli pangan dengan harga murah.

"Sudah jelas, BUMD yang paling baik se-Indonesia itu BUMD miliknya DKI Jakarta. Kegiatan ini sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan pangan dengan harga terjangkau," kata Arief.

"Jakarta Food Festival 2024" diikuti pelaku UMKM yang menjual berbagai bahan pangan pokok yang dibutuhkan masyarakat dengan harga di bawah pasaran dan diselenggarakan di lokasi yang mudah dijangkau masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut juga dijual paket Sembako Murah seharga Rp100.000 yang berisi beras premium lima kilogram (kg), telur ayam 15 butir, minyak goreng seliter, susu UHT 
empat kotak dan bawang putih satu kg.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024