Makassar (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengajak warga Makassar untuk ikut dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan tinggal di wilayah tersebut.

Direktur Informasi Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemenkominfo RI Septriana Tangkary di Makassar, Kamis, mengatakan dalam pembangunan IKN itu pastinya memiliki tantangan dan tentunya peluang.

"Setiap pembangunan pastinya ada tantangan dan juga peluangnya. Tantangannya itu salah satunya adalah pembangunan ini kita rencanakan hingga 30 tahun dengan pembangunan secara bertahap," ujarnya.

Septriana mengatakan pembangunan IKN juga memberikan peluang besar kepada setiap orang di Indonesia, khususnya warga di Kota Makassar, karena wilayahnya yang sangat dekat dengan Kalimantan Timur (Kaltim) di mana IKN berada. 

Baca juga: Pj Gubernur: Sulsel berpeluang jadi pemasok utama pangan di IKN

Dia menyatakan peluang terbaik untuk ikut dalam pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah itu adalah dengan ikut tinggal dan membangun iklim usaha, sosial, dan lainnya di Kalimantan Timur.

"Kota Makassar itu akan menjadi salah satu daerah di Indonesia sebagai penyangga IKN. Perjalanan dengan pesawat itu kurang dari setengah jam dan memang sangat dekat, sehingga menjadi salah satu peluang," katanya.

Selain itu ia juga mengajak para selebriti daring (influencer) untuk mewujudkan Kota Makassar sebagai penyangga IKN. 

Baca juga: Kemenkominfo gandeng "influencer" wujudkan Kota Makassar penyangga IKN

Septriana mengatakan pentingnya masyarakat mengetahui informasi pembangunan IKN ini langsung dari sumbernya, karena dalam pembangunannya tidak hanya satu kementerian yang mengerjakan tetapi banyak kementerian.

Dia menerangkan jika banyak daerah di Indonesia, khususnya Kota Makassar, akan mendapatkan keuntungannya dengan menjadi penyangga IKN.

Septriana menyatakan pembangunan IKN sangat penting untuk mencerminkan identitas bangsa dengan fondasi Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

"Kenapa pembangunan IKN ini penting, karena salah satunya untuk memperlihatkan bagaimana cerminan identitas bangsa melalui Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika itu sendiri," katanya.

 Baca juga: Kemenkominfo masuk jadi kementerian perdana berkantor di IKN Juli 2024
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024