Jakarta (ANTARA) - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyalurkan sebanyak 1.554 hewan kurban ke seluruh Indonesia melalui Program Sedekah Kurban, pada peringatan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah kali ini.

"Momentum Hari Raya Idul Adha menjadi saat yang tepat untuk membantu sesama. Program Sedekah Kurban 1445 H ini diharapkan dapat memberikan maslahat bagi umat," kata Kepala BPKH Fadlul Imansyah melalui keterangan di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Istiqlal: Hari raya wadah saling berbagi agar intoleransi bisa ditekan
 
Fadlul merinci pada tahun ini BPKH mengirimkan sebanyak 777 ekor sapi dan 777 ekor kambing ke berbagai daerah di Indonesia.
 
Penyaluran hewan kurban tersebut, kata dia, bekerja sama dengan sembilan mitra kemaslahatan yaitu Baznas, LazisNU, DT Peduli, Rumah Zakat, LazisMU, Laz Ummul Quro, Baitul Mal Muamalat, PPPA Daarul Quran, dan Solo Peduli.
 
Program Sedekah Kurban ini, tegasnya, dilaksanakan dengan tidak menggunakan dana setoran awal haji, melainkan dari nilai manfaat pengelolaan Dana Abadi Umat (DAU).
 
"Hal ini sesuai dengan UU No. 34 Tahun 2014 dan PP No. 5 Tahun 2018, dengan berasaskan prinsip syariah, kehati-hatian, manfaat, nirlaba, transparan, dan akuntabel," ujarnya.

Baca juga: DKI kemarin, harga beras stabil hingga pemusnahan 164,5 kilo jeroan
 
Fadlul mengatakan pihaknya berkomitmen untuk menyalurkan nilai manfaat DAU melalui berbagai program kemaslahatan, termasuk Sedekah Kurban.
 
Ia berharap program ini dapat memberikan manfaat bagi umat Islam di seluruh Indonesia.
 
Selain kurban, kata Fadlul, pemanfaatan DAU juga dialokasikan ke dalam berbagai bentuk, di antaranya seperti prasarana ibadah, kesehatan, pelayanan ibadah haji, ekonomi umat, pendidikan, dakwah, sosial keagamaan, dan tanggap bencana.

Baca juga: Jaktim musnahkan 164,5 kilo jeroan hewan kurban tak layak konsumsi 
 
 
 

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Sambas
COPYRIGHT © ANTARA 2024