Medan (ANTARA) - Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PON) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) kembali menggelar Chef de Mission (CdM) dengan mengundang perwakilan KONI se-Indonesia dan pimpinan kontingen guna membahas dan mematangkan persiapan PON XXI 2024 Aceh-Sumut.

Ketua Harian PB PON Sumut Afifi Lubis mengatakan Chef de Mission akan membahas dan menyampaikan progres atau kemajuan persiapan panitia dalam menyelenggarakan ajang olahraga terbesar di Indonesia tersebut.

"Chef de Mission II membahas lebih lanjut tentang hal-hal yang berhubungan dengan penyelenggaraan PON, baik dari sisi logistik mau non-logistik," ujar Afifi Lubis, di Medan, Sabtu.

Dalam acara tersebut, kata dia, panitia setempat akan menyampaikan persiapan-persiapan PON 2024, seperti transportasi, akomodasi, dan juga konsumsi, serta persiapan kesehatan, persiapan pertandingan, dan arena-arena yang akan digunakan.

Baca juga: Presiden: Gelaran PON & Peparnas harus tepat waktu, tak akan diundur

Nantinya, lanjut dia, para kontingen akan dibawa untuk melihat fasilitas-fasilitas maupun arena-arena yang akan digunakan para atlet dalam penyelenggaraan PON 2024.

"Dengan kembali digelar-nya Chef de Mission, para peserta akan mengetahui kesiapan seluruh bidang di kepanitiaan PON, khususnya dalam menyediakan fasilitas bagi atlet maupun ofisial," katanya. 

Dia mengatakan Chef de Mission tersebut merupakan acara kedua kalinya yang diselenggarakan. Sebelumnya panitia setempat juga menggelar acara serupa yang juga mengundang perwakilan pimpinan KONI se-Indonesia pada Desember 2023.

Baca juga: Presiden pimpin rapat terbatas bahas kesiapan PON XXI Aceh-Sumut

"Kami sudah mapping seluruh persiapan-persiapan baik secara logistik maupun yang lainnya. Chef de Mission II akan dilaksanakan pada 24 Juni 2024 di Kota Medan," ucapnya. 

Saat ini, lanjutnya, seluruh persiapan PON 2024 di wilayah itu sudah mencapai 75 persen.  "75 persen itu di luar arena-arena. Untuk arena rata-rata sudah hampir selesai. Ada arena yang telah selesai 100 persen. Untuk Stadion Utama Sumatera Utara yang akan menjadi tempat penutupan PON 2024 direncanakan akan rampung di akhir Juli," ujar dia

Baca juga: Basuki: Pembangunan Stadion Utama dukung PON di Sumut capai 52 persen

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024