Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang diwakili Staf Ahli Menpora Bidang Hubungan Pusat dan Daerah Dwijayanto Sarosa serta perwakilan lainnya meninjau persiapan semua lokasi pertandingan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh-Sumatera Utara.
 
Peninjauan dilakukan sejak 21 Juni ke hampir seluruh arena pertandingan di sejumlah kota/kabupaten di Sumatera Utara yang akan digunakan selama penyelenggaraan PON XXI.
 
"Tujuan kunjungan kerja ke hampir seluruh arena di Provinsi Sumatera Utara ini adalah untuk memeriksa secara langsung baik dari pekerjaan bangunan maupun sarana, serta fasilitas penunjang seperti listrik dan air juga perlu menjadi perhatian bersama," kata Dwijayanto dalam laman Kemenpora yang dipantau ANTARA di Jakarta, Senin.
 
Ia membeberkan, lokasi yang ditinjau mencakup arena untuk cabang olahraga renang di Kabupaten Simalungun, tinju di GOR Pematang Siantar, atletik di Stadion Madya Atletik yang menjadi bagian dari pembangunan Stadion Utama Sumatera Utara, serta voli di GOR Voli Indoor, Taekwondo, dan Jujitsu.
 
Sementara, untuk olahraga drumband di GOR Martial Arts, serta senam, wushu, bowling, futsal, sepak bola putri, dan balap motor yang berada di Grastrack Circuit yang berlokasi di Sumut Sports Center lingkungan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Pemuda dan Olahraga di Kabupaten Deli Serdang.

Baca juga: PB PON Sumut undang perwakilan KONI- Kontingen bahas persiapan PON
 
Lebih lanjut dia membeberkan, selain arena tersebut sejumlah lokasi cabang olahraga lain seperti aquatik di Kolam Renang Selayang, squash di Arena Squash, BMX di Area BMX, bulu tangkis di GOR PBSI Disporasu, kickboxing, pencak silat di GOR Veteran, serta golf di Lapangan Golf Royal Sumatera.
 
Semua arena itu hampir seluruhnya berlokasi di Kabupaten Deli Serdang. Sedangkan kunjungan terakhir, tambah dia, untuk cabang olahraga gulat yang akan dilaksanakan di GOR Binjai.
 
Dwijayanto Sarosa menambahkan pembukaan PON XXI 2024 akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto secara bersama-sama, sehingga seluruh persiapan dan penyelesaiannya harus maksimal.

Baca juga: Basuki: Pembangunan Stadion Utama dukung PON di Sumut capai 52 persen
Baca juga: PB PON resmi bekerjasama dengan IADO untuk awasi doping selama PON

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024