Jakarta (ANTARA) - Indonesia Anti-Doping Organization (IADO) menargetkan melakukan pengambilan sebanyak 800 sampel urine untuk tes doping atlet yang ikut berkompetisi pada ajang PON Aceh-Sumut 2024.

"Ada 400 sampel (urine yang akan diambil) untuk di Aceh dan 400 sampel di Sumatera Utara," ujar Ketua Umum IADO Gatot S Dewa Broto kepada awak media dalam acara konferensi pers "Pengumuman Hasil Seleksi Nasional Presi ​​​​​​(Presenter Edukasi) Anti-Doping" di Jakarta, Jumat.

Gatot menjelaskan, ratusan sampel urine akan diambil dari para atlet dari berbagai cabang olahraga saat mengikuti pesta olahraga nasional yang berlangsung selama 8--20 September mendatang.

Sampel urine yang diambil oleh petugas IADO, akan langsung dikirim untuk diperiksa di laboratorium yang terakreditasi di Bangkok, Thailand.

Baca juga: IADO latih seratusan petugas awasi doping pada PON Aceh-Sumut

Gatot mengatakan, jalur transportasi udara ke Bangkok juga tersedia yang memungkinkan sampel-sampel urine dapat dikirim secara cepat sehingga tidak mengurangi kualitas sampel yang akan diperiksa.

"Alhamdulillah akses pesawat dari Aceh dan Sumatera Utara ke Bangkok sangat gampang sehingga dalam waktu 24 jam sampel sudah sampai," ujarnya.

Ia menambahkan, setiap sampel yang dikirim akan diketahui hasilnya dalam waktu 21 hari setelah pengiriman.

Gatot berharap, tidak ada kasus doping yang menimpa para atlet dalam ajang PON Aceh-Sumut sehingga mereka berkompetisi dengan aman dan lancar serta fokus dalam meraih prestasi.

Baca juga: IADO miliki 12 petugas baru untuk edukasi anti-doping nasional

"Kalau pun ada (kasus doping) kami tidak kaget juga karena kadang-kadang ada saja yang membuat atlet melakukan doping," ujarnya.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat melaporkan bahwa PON Aceh-Sumut 2024 merupakan PON yang terbesar (dibandingkan PON-PON sebelumnya) karena pertama kali diikuti kontingen terbanyak yakni 39 provinsi termasuk Ibu Kota Nusantara.

Jumlah nomor pertandingan yang akan dimainkan dalam pesta olahraga nasional itu sebanyak 1.042 nomor.

Para atlet akan bertanding di 65 cabang olahraga yang tersebar di Aceh sebanyak 33 cabang olahraga dengan 42 disiplin yang melibatkan 6.287 atlet dan 3.158 ofisial. Sedangkan di Sumatera Utara mempertandingkan 34 cabang olahraga dengan 46 disiplin yang melibatkan 6.618 atlet dan 3.320 ofisial.

Baca juga: Semua atlet binaraga PON Aceh-Sumut diwajibkan miliki sertifikat ADEL

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024