Perjuangan atlet-atlet muda di PON XXI itu bagian dari perjalanan besar menuju masa depan bagi olahraga Kota Nusantara
Penajam Paser Utara (ANTARA) -
Kota Nusantara, ibu kota baru Indonesia yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, untuk pertama kali kalinya mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara pada 9-20 September 2024 dengan diperkuat atlet-atlet muda.
 
"Kontingen Kota Nusantara diperkuat 14 atlet muda untuk berlaga di PON XXI Aceh-Sumut 2024," jelas Deputi Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Alimuddin ketika dihubungi ANTARA dari Kabupaten Penajam Paser Utara, Selasa.
 
Atlet-atlet muda yang dibina OIKN dari wilayah Provinsi Kalimantan Timur selain untuk berprestasi, lanjut dia, juga sebagai duta mempromosikan Kota Nusantara melalui bidang olahraga.
 
Ke-14 atlet muda yang memperkuat Kontingen Kota Nusantara berlaga di PON XXI Aceh-Sumut 2024 tersebut berasal dari Kabupaten Penajam Pase Utara, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Berau, dan Kota Samarinda.

Baca juga: Kontingen IKN unjuk diri dalam defile PON XXI
 
Partisipasi atlet Kota Nusantara di ajang PON tidak hanya menjadi kesempatan untuk mengukur prestasi, menurut dia, tetapi juga menandai momen bersejarah bagi Kota Nusantara di tingkat nasional.
 
Keikutsertaan atlet Kota Nusantara dalam PON 2024 menjadi momentum memperkenalkan Kota Nusantara sebagai pengembangan atlet nasional, ia menimpali lagi, memperkuat kebanggaan dan persatuan bangsa melalui semangat sportivitas dan perjuangan para atlet.
 
"Perjuangan atlet-atlet muda di PON XXI itu bagian dari perjalanan besar menuju masa depan bagi olahraga Kota Nusantara," ujar Alimudin yang juga Ketua Kontingen Kota Nusantara itu.
Kontingen Ibu Kota Nusantara (IKN) mengikuti defile upacara pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Aceh, Senin (9/9/2024).ANTARA FOTO. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wpa/aa.
Baca juga: Renang Indah - Syakira Aftani bangga tampil untuk IKN di PON 2024
 
Atlet-atlet muda Kota Nusantara tersebut berpartisipasi dalam berbagai cabang olahraga PON Aceh-Sumut 2024, yakni senam, panahan, layar, dan akuatik.
 
Sebagai perwakilan dari Kota Nusantara , ibu kota baru Indonesia, para atlet muda membawa semangat tinggi dan harapan besar untuk menorehkan prestasi di kancah olahraga nasional tersebut.
 
Kendati baru pertama kali mengikuti ajang PON, atlet-atlet muda Kota Nusantara tetap optimistis bertarung dan bersaing untuk merebut medali dengan atlet dari provinsi lainnya.
 
"Kami 100 persen bangga sebagai atlet Kota Nusantara, kami berjuang lakukan yang terbaik dan mudah-mudahan dapat raih medali," kata salah satu atlet Kota Nusantara Rasya Ainun Mahya mewakili rekan-rekannya.

Baca juga: Kota Nusantara ikutkan 14 atlet berlaga dalam empat cabang olahraga

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024