Deli Serdang (ANTARA) -
Sejumlah atlet drum band Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 mengungkap bahwa salah satu strategi utama mereka dalam mengatasi rasa gugup saat tampil dalam nomor lomba unjuk gelar (LUG) adalah meningkatkan rasa percaya diri.
 
"Deg-degan sih pasti ada, ya. Tapi, percaya diri karena yakin banget ini penampilannya memuaskan, apalagi dibandingkan kemarin (babak penyisihan). Terus, jadi enjoy (menikmati) saja sih," kata atlet drum band Jawa Timur Armel saat ditemui usai mengikuti final lomba unjuk gelar drum band PON XXI/2024 di GOR Futsal Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara (Disporasu), Deli Serdang, Rabu.
 
Sementara itu, atlet drum band Jawa Timur lainnya, yakni Inggrid menyampaikan bahwa kemunculan rasa kepercayaan diri itu diperoleh dari proses latihan yang telah cukup. Dengan persiapan yang maksimal itu, kata dia melanjutkan, tim Jawa Timur mendapatkan rasa percaya diri mampu memberikan penampilan terbaik, bahkan meraih medali emas.
 
"Kita latihannya sudah tujuh bulan," ujar dia.
 
Kepercayaan diri juga menjadi strategi utama dari tim drum band DKI Jakarta dalam mengatasi rasa gugup saat tampil.
 
"Intinya 'pede' (percaya diri) saja sih," ucap atlet drum band DKI Jakarta Ali.
 
Ia menyampaikan pula bahwa rasa kepercayaan diri itu muncul dengan sendirinya setelah timnya melakukan latihan secara optimal.
 
"Latihannya itu sangat-sangat menguras tenaga, terus berjam-jam, beribu-ribu jam. Itu kita menguras waktu, meninggalkan keluarga, terus sekolah," kata dia.
 
Selain kepercayaan diri, Ali menambahkan dukungan dari teman-teman dan keluarga juga berperan besar dalam mengurangi rasa gugup saat mereka tampil.
 
Pada PON 2024 di cabang olahraga drum band, nomor lomba unjuk gelar diikuti total delapan provinsi, yakni DKI Jakarta, Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, dan DI Yogyakarta.
 
Setelah babak penyisihan dilakukan pada Selasa (10/9), terdapat empat tim yang lolos ke final, yaitu Jawa Barat, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.
 
Technical Delegate Pengurus Besar Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Fachrur Razi menyampaikan pemenang dari nomor pertandingan itu akan diumumkan pada Kamis (12/9).

Baca juga: Penonton drum band diimbau tidak bersorak

Baca juga: Drum band - Empat provinsi lolos ke final LBB dan LUG

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024