Deli Serdang (ANTARA) - Ketua Panitia Pelaksana Cabang Olahraga Taekwondo Muhammad Rifai memastikan pertandingan taekwondo pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 di Aceh-Sumatera Utara, menjunjung tinggi sportivitas.

"Dan ini memang kita harapkan seluruh kontingen menampilkan sportivitas tinggi, menampilkan kemartabatan dan juga sportivitas yang baik dalam olahraga," kata Rifai di Deli Serdang, Sumut, Kamis.

Rifai menekankan pentingnya sportivitas tinggi dan kemartabatan dalam pertandingan cabang olahraga yang berlangsung di gedung Martial Arts Arena, Kompleks Sumut Sport Center, Deli Serdang, Sumut pada 12-15 September 2024.

Dia menyampaikan bahwa dalam persiapan pertandingan, panitia pelaksana cabang olahraga taekwondo Sumatera Utara telah mempersiapkan segalanya jauh-jauh hari.

"Kami dari panitia pelaksana cabang olahraga taekwondo Sumatera Utara sudah mempersiapkan jauh- jauh hari dalam pelaksanaan semaksimal mungkin dengan berbagai sistem yang sangat membantu sekali.

Ia menuturkan bahwa dukungan dari Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) juga mengirimkan timnya untuk membantu persiapan satu minggu sebelum pertandingan.

"Hingga pagi ini, kami sudah dalam kondisi stand-by dan siap untuk acara pembukaan serta pertandingan. Kami berharap acara ini berjalan lancar, dan selama tiga hari ke depan, seluruh pertandingan dapat terlaksana dengan baik," jelasnya.

Baca juga: Kontingen Jawa Barat juara umum babak kualifikasi PON taekwondo

Dia mengungkapkan bahwa pada PON XXI/2024, terdapat 34 provinsi yang berpartisipasi dalam cabang olahraga taekwondo.

Rifai juga menyebutkan jumlah atlet yang akan berkompetisi, yaitu sekitar 287 orang. Kompetisi ini akan melibatkan dua kategori yakni kategori poomsae enam kelas dan kyorugi 16 kelas.

"Yang dipertandingkan dua kategori dari kyorugi ada 16 kelas ditambah dengan poomsae ada 6 kelas. Jadi totalnya 22 kelas dari pertandingan," ucap Rifai.

Menurutnya, pertandingan tersebut akan sangat seru karena melibatkan provinsi-provinsi dengan atlet yang benar-benar kuat.

Selama persiapan, panitia memastikan bahwa semua aspek teknis dan logistik telah disiapkan dengan baik untuk memastikan kelancaran acara. Tim PBTI juga berperan aktif dalam memastikan kualitas penyelenggaraan pertandingan.

"Apalagi kita hadirkan di sini adalah wasit-wasit yang luar biasa nasional dan internasional. Juga kita dibantu oleh wasit internasional dari Korea. Sehingga memang betul-betul membangun untuk sportivitas, kejujuran kita dalam pertandingan ini," kata Rifai.

Baca juga: Taekwondo PON 2024 hadirkan dua wasit internasional

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024