Semarang (ANTARA) - Dua medali emas cabang olahraga gantole pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 diperebutkan pada Kamis, yang merupakan hari cadangan sebagai langkah antisipasi kondisi cuaca yang tidak memungkinkan.

Technical Delegate Cabang Olahraga Gantole PON XXI Arif Eko Wahyudi, di Aceh, Kamis, menyebutkan dua medali emas itu diperebutkan di nomor durasi kelas A dan B.

"Masih (terbang, red.). Sebentar lagi final untuk kelas A. Yang kelas B lagi menunggu pengumuman lolos delapan besar," katanya.

Sesuai dengan jadwal pertandingan yang telah ditetapkan, nomor durasi digelar mulai 14-18 September 2024, namun tanggal 19 September 2024 masih bisa dipakai sebagai cadangan jika belum rampung.

"Kami manfaatkan hari cadangan untuk menyelesaikan pertandingan. Kemarin (18/9) hanya bisa menyelesaikan dua round babak penyisihan kelas A saja," katanya.

Pertandingan cabang olahraga gantole pada PON Aceh-Sumut, termasuk nomor durasi, baik kelas A maupun B di Bandar Udara Rembele, Takengon, Kabupaten Bener Meriah, Aceh.

Berdasarkan data, jumlah atlet di nomor durasi kelas A sebanyak 14 orang, sedangkan di kelas B sebanyak 27 orang yang akan mengikuti babak kualifikasi hingga final.

Cabang olahraga gantole di PON XXI Aceh-Sumut mempertandingkan delapan nomor, yakni ketepatan mendarat (KTM) kelas A dan B, lintas alam atau cross country (XC) kelas A dan B.

Enam nomor pertandingan tersebut sudah diselesaikan oleh para atlet dan pada Minggu (15/9) lalu sudah dilakukan upacara penghormatan pemenang (UPP).

Kemudian, nomor XC beregu kelas A dan B, serta nomor pertandingan durasi kelas A dan B yang baru dimulai pada Sabtu (14/9) lalu.

Cabang olahraga gantole di PON Aceh-Sumut diikuti oleh 43 atlet yang berasal dari 15 provinsi, yakni Aceh, Sumut, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur.

Kemudian, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, dan Papua.

Baca juga: Gantole - Nomor durasi kembali gagal terbang akibat hujan deras

Baca juga: Gantole - Jatim dipastikan raih juara umum

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024