Jakarta (ANTARA) - Masjid Cut Meutia yang berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, akan menyelenggarakan shalat Idul Adha 1440 H di lapangan terbuka atau area halaman masjid yang dimulai pada pukul 07.00 WIB.

Imam Masjid Cut Meutia, Mahfud Mustofa, pada Sabtu, mengatakan bahwa pelaksanaan shalat Idul Adha di lapangan terbuka sesuai dengan anjuran nabi Muhammad SAW.

"Dilaksanakan di lapangan semua enggak ada yang shalat di masjid karena di sunahkan shalat Ied di tempat terbuka," kata dia.

Mahfud Mustofa yang juga akan bertindak sebagai imam shalat Idul Adha di Masjid Cut Meutia mengatakan bahwa diperkirakan Bakan ada 1.500 jamaah yang melakukan shalat Idul Adha di masjid tersebut.

Bahkan menurut dia para jamaah yang datang untuk shalat Idul Adha tak hanya dari sekitar lingkungan masjid Cut Meutia, tapi juga berasal dari luar kota.

"Kadang ada yang dari jauh seperti Cikampek, Bekasi karena mungkin mereka mau merasakan shalat di masjid yang keberadaannya bersejarah," imbuhnya.

Dia melanjutkan bahwa nantinya yang akan bertindak sebagai khatib adalah Ustaz H. Asep Arif Farhan yang akan memberikan ceramah dengan tema "Memaknai keikhlasan berkurban".

Masjid Cut Meutia terletak di Jalan Taman Cut Meutia, Jakarta Pusat. Bangunan masjid ini sangat bersejarah karena peninggalan pada masa kolonial Belanda.

Sebelum difungsikan sebagai masjid seperti sekarang, bangunan ini pernah digunakan sebagai kantor pos, kantor Jawatan Kereta Api Belanda dan kantor Kempetai Angkatan Laut Jepang.

Baca juga: Planetarium Jakarta : Idul Adha jatuh bersamaan dengan Arab Saudi

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019