Tanjungpinang (ANTARA) (ANTARA) - Dua negara,  Indonesia dan Malaysia memperkuat hubungan kerja sama di berbagai sektor yang dibahas dalam pertemuan Tim Teknis dan Persidangan ke-18, Tingkat Kepulauan Riau/Riau-Peringkat Negeri Johor/Malaka Tahun 2019, di Hotel Ibis, Batam, Senin (2/9).

Plt Gubernur Kepri, Isdianto, menyatakan pertemuan teknis dalam bentuk Kelompok Kerja/Jawatan Kuasa Kerja Sosial - Ekonomi Malaysia - Indonesia (Sosek Malindo) ini bertujuan membangun kerja sama di berbagai sektor yakni perbatasan, pertahanan, ekonomi, serta sosial budaya.

"Kami berharap dengan kerja sama ini, kedua negara bisa bahu-membahu dalam memajukan bidang-bidang yang menjadi sasaran utama.  Hubungan suatu bangsa hanya dibagi dua, yaitu persaingan atau kerja sama," kata  Isdianto.

Indonesia dengan Malaysia, kata dia, lebih memilih bekerja sama membangun poros kekuatan baru di dunia.

"Tentu kita berharap hasil pertemuan ini bisa direalisasikan secara nyata dan bersentuhan langsung ke masyarakat sesuai dengan tujuan kita bersama, yakni menjadikan masyarakat perbatasan sejahtera," kata Isdianto.

Sementara, Ketua Kelompok Kerja Sosek Malindo Provinsi Kepri, Naharuddin, mengungkapkan dalam 18 kali pertemuan yang telah dilaksanakan, sudah banyak yang dibicarakan dan disepakati oleh kedua negara.

Dia mengatakan kerja sama tidak hanya di bidang perbatasan, pertahanan, ekonomi, serta sosial budaya, tetapi juga dalam bidang keselamatan dan pengurusan sempadan/perbatasan.

"Kita berharap bersama-sama bisa menjalankan program kerja yang telah disepakati dengan semangat kebersamaan, sehingga pertemuan ke-18 ini semakin menghasilkan kerja nyata dan bermanfaat bagi masing-masing negara," ucap Nahar.

Ketua Jawatan Kuasa Kerja Sosek Malindo, Malaka, Datok Sahla Binti Shaleh mengungkapkan hubungan Malaka-Indonesia sudah berlangsung ribuan tahun lalu.

Pertemuan saat ini untuk bersilahturrahim dan semakin memperkuat komitmen untuk bekerja sama dalam bidang-bidang yang telah disepakati bersama.

"Selain bidang-bidang tersebut, kami ingin kerja sama ini juga sebagai promosi produk-produk unggulan daerah masing-masing," ujar Sahlah.

Sahlah juga menekankan bahwa delegasi ini menjadi penanggungjawab untuk keberlangsungan hubungan antarnegara tersebut.

Pada kesempatan itu juga hadir Ketua Kelompok Kerja Sosek Malindo Provinsi Riau M.Firdaus, Ketua Jawatan Kuasa Kerja Sosek Malindo Negeri Johor Datok H. Badrul Hisham Bin Kasim beserta delegasi sosek Malindo kedua negara.

Baca juga: Indonesia-Malaysia perkuat kerja sama sektor perikanan
Baca juga: Malaysia inginkan kerja sama dengan Indonesia ditingkatkan
Baca juga: Malaysia Tetap Jajaki Kerja Sama Industri Pertahanan dengan Indonesia

 

 




 

Pewarta: Ogen
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019