Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah video unggahan Dakwah harian beredar di platform Youtube dengan judul "Usai bertemu JOKOWI! PRABOWO NYATAKAN OPOSISI". Video yang disukai oleh 91 orang dan telah ditonton sebanyak 10.245 kali itu telah diunggah sejak Sabtu (12/10).

Dalam kiriman video tersebut terlihat Presiden Joko Widodo sedang berdiri di sebelah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Kedua tokoh yang saat itu sama-sama menggunakan kemeja putih tersebut tengah diwawancarai sejumlah awak media.

Klaim: Prabowo nyatakan oposisi usai bertemu Jokowi
Rating: Salah/Disinformasi

Penjelasan
Berdasarkan penelusuran yang dilakukan, didapatkan bahwa cuplikan gambar tersebut diambil saat Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat (11/10).

Dalam unggahan video berdurasi 2:18 menit itu, sama sekali tidak ditemukan perkataan Prabowo Subianto yang menyatakan posisinya sebagai oposisi.

Malah sebaliknya, pada menit 1:58, Prabowo mengatakan bahwa tidak ada istilah oposisi di Indonesia. "Karena kita di Indonesia gak ada oposisi pak," kata Prabowo kepada Presiden Jokowi.

Selain itu, dalam wawancaranya, mantan Panglima Kostrad tersebut juga memaparkan sejumlah isu yang dibahas dalam kunjungannya ke Istana Merdeka, di antaranya terkait kondisi politik, pertahanan, dan ekonomi nasional.

"Kita bicarakan ibu kota, dimana saya menyampaikan saya mendukung gagasan ibu kota," tutur dia.

Mantan Komandan Jenderal Kopassus itu juga menyampaikan partainya, Gerindra, selalu mengutamakan kepentingan nasional dan siap memberikan gagasannya kepada pemerintah.

"Kalau umpamanya kita tidak masuk kabinet, kami akan tetap loyal di luar sebagai penyeimbang," terang Prabowo.

Cuplikan wawancara Prabowo dalam video berjudul "Usai bertemu JOKOWI! PRABOWO NYATAKAN OPOSISI" itu, sebelumnya juga telah ditayangkan salah satu stasiun televisi nasional di akun youtube pada Jumat (11/10).

Cek fakta: Jokowi-Prabowo bahas potensi koalisi Gerindra

Cek fakta: Jokowi dan Prabowo bahas stabilitas keamanan dan politik

Cek fakta: Jokowi ungkap hubungannya dengan Prabowo sangat mesra

Cek fakta: Prabowo tiba di Istana Merdeka disambut Mensesneg

Cek fakta: Prabowo bertemu Presiden Jokowi Jumat sore




 




 

Pewarta: Tim JACX dan Kemkominfo
Editor: Panca Hari Prabowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019