Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) diminta untuk fokus dalam mengembangkan perikanan berskala industri dalam rangka meningkatkan kinerja dan ekspor produk kelautan dan perikanan nasional.

"Pemerintah semestinya fokus pada perikanan dengan skala industri untuk memanfaatkan potensi perikanan nasional secara luas," kata Anggota DPR RI dari Fraksi PKS, Slamet, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Menurut Slamet, salah satu "pekerjaan rumah" yang sangat esensial di bidang kelautan adalah kebijakan strategis yang belum dituntaskan oleh menteri sebelumnya yaitu terkait industri perikanan dalam negeri, sedangkan selama periode 2014-2019 pemerintah masih fokus pada kegiatan perikanan skala kecil.

Ia mengingatkan bahwa KKP juga diamanatkan untuk menjalankan kolaborasi antara instansi pemerintah dengan daerah dalam hal industrialisasi sektor perikanan.

Slamet berpendapat bahwa penyebab lambannya proses industrialisasi perikanan kemungkinan besar dikarenakan selama lima tahun ke belakang, KKP terlalu sibuk mengurusi UU Perikanan atau pemberantasan penangkapan ikan secara ilegal.

Sebelumnya, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) meyakini bahwa kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan yang baru, Edhy Prabowo, akan bisa memajukan industri perikanan karena sosok Edhy dinilai cukup mumpuni dan memberikan harapan baru.

"Sewaktu menjadi anggota dewan, beliau yang menangani perikanan dan pertanian di Komisi IV DPR RI. Tentu beliau faham betul dengan kebijakan-kebijakan seperti apa untuk memajukan industri perikanan," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan, Yugi Prayanto.

Baca juga: Kadin yakin kebijakan Edhy Prabowo bisa majukan industri perikanan

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019