Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menilai status Ketua KPK Firli Bahuri sebagai anggota aktif Polri akan mempermudah gerak yang bersangkutan dalam mewujudkan kerja sama yang baik antara KPK dan Polri khususnya dalam pemberantasan korupsi.

Oleh karena itu, Dasco tidak mempermasalahkan status Firli Bahuri yang belum pensiun sebagai anggota aktif Polri.

Baca juga: Dewan Pengawas nilai pimpinan KPK sebaiknya tak rangkap jabatan

"Secara psikologis akan mudah terwujud sinergi antara kedua institusi (KPK-Polri) karena tidak akan ada kecurigaan satu sama lain," kata Dasco yang juga Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, di Jakarta, Selasa.

Dia tidak mempermasalahkan status Ketua KPK Firli Bahuri yang belum pensiun sebagai anggota aktif Polri karena tidak ada satupun aturan perundang-undangan yang dilanggar seperti UU KPK maupun UU Polri.

Baca juga: Ketua KPK Firli Bahuri: Tugas KPK tetap sama

Dari segi etika, menurut dia, tidak ada masalah karena tidak ada konflik kepentingan di sana, namun yang ada justru kesamaan kepentingan antara institusi Polri dan KPK yaitu sama-sama memberantas korupsi.

"Kami memandang status Firli yang Polri aktif bisa mempermudah gerak yang bersangkutan dalam mewujudkan kerja sama yang baik antara KPK dan Polri," ujarnya.

Baca juga: IPW nilai Komjen Firli tak perlu mundur dari Polri meski pimpin KPK

Dasco berharap semua pihak bisa memandang status tersebut dari sudut yang positif dan memberikan waktu kepada Firli untuk bekerja maksimal memberantas korupsi.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019