Kupang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur menyiapkan 5.105 personel gabungan untuk mengamankan jalannya ibadah Natal 2019 dan perayaan malam Tahun Baru di seluruh wilayah berbasis kepulauan itu.

"Ada 5.105 personel gabungan yang kita siagakan untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru di NTT ini," kata Kabid Humas Polda NTT AKBP Johannes Bangun kepada Antara di Kupang, Selasa (24/12).

Mantan Kapolres Kupang Kota itu merincikan bahwa 5.105 personel tersebut terdiri dari 2.469 personel Polda NTT, 567 personel dari TNI dan sisanya 2.069 personel dari instansi lainnya.

Ia mengatakan bahwa sejumlah personel gabungan ini akan bekerja sama untuk mengamankan jalannya Natal dan Tahun Baru di NTT, agar umat Kristen di NTT bisa merayakan Natal dengan aman dan damai.

Pria yang biasa disapa dengan Jo ini menambahkan bahwa sejumlah personel gabungan itu akan mengamankan 2.734 gereja di NTT sementara di Kota Kupang sendiri 110 gereja.

"Kita juga siagakan sejumlah pos pengamanan di NTT yang jumlahnya mencapai 50 unit pos pengamanan, guna mengantisipasi jika terjadi hal yang tak diinginkan," tambah dia.

Baca juga: Kapolri-Panglima TNI lakukan kunjungan kerja ke NTT

Jo menambahkan bahwa selain pihak keamanan yang diterjunkan untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru di NTT, pihaknya juga mendapatkan bantuan pengamanan dari sejumlah pemuda lintas agama di NTT.

Ia pun berharap agar masyarakat juga bisa turun menjaga keamanan dan ketertiban di NTT ini, dengan cara melaporkan ke pihak kepolisian jika menemukan ada hal-hal yang mencurigakan di lingkungan sekitar.

"Kalau menemukan sesuatu yang mencurigakan tolong segera laporkan ke pihak keamanan biar bisa ditindak," tambah dia.

Lebih lanjut ia mengingatkan kepada warga yang berlibur diharapkan bisa menitipkan rumahnya ke tetangganya atau ke RT/RW sehingga bisa dipantau agar tidak terjadi kejadian seperti pencurian dan lain-lain.

Untuk perayaan malam Natal dan perayaan pada tanggal 25 Desember, ia mengharapkan agar warga yang beribadah tak perlu membawa bawaan atau tas yang besar, agar tidak dicurigai.

Pihak kepolisian dan TNI juga kata dia, akan berjaga di gereja untuk mengecek segala barang bawaan umat yang hendak beribadah.

Baca juga: Polda NTT siapkan ribuan personel amankan Natal-Tahun Baru

Baca juga: Banser NTT kerahkan 500 personel bantu pengamanan Natal-Tahun Baru

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019