Jakarta (ANTARA) - Posko logistik dan dapur umum di wilayah Jakarta Barat menyiapkan sebanyak 7.000 hingga 8.000 bungkus masakan siap saji untuk warga di daerah itu yang terdampak banjir sejak Rabu (1/1).

"Masakan siap saji itu akan kita bagikan di delapan kecamatan dan 56 kelurahan di Jakarta Barat," kata Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Jakarta Barat, Idris di Jakarta, Kamis.

Untuk tahap awal, ujar dia, personel Tagana dan relawan kemanusiaan lainnya telah mendistribusikan sebanyak 2.500 bungkus masakan siap saji di sejumlah kelurahan.

Relawan posko logistik tersebut telah mendistribusikan sebanyak 5.000 bungkus masakan siap saji di wilayah Jakarta Barat. Selain itu, Tagana juga menyalurkan tikar, popok, selimut air mineral dan lain sebagainya.

Baca juga: Kantor Kecamatan Jatiasih sepi, seluruh pegawai ke lokasi banjir
Baca juga: Perumahan warga di Jatiasih, Bekasi, kebanjiran

Petugas Tagana lainnya, Joko Baroto mengatakan, posko logistik tersebut sudah disiagakan sejak Rabu (1/1) hingga waktu yang belum ditentukan dan buka selama 24 jam untuk melayani kebutuhan masyarakat setempat.

Ia mengatakan, paling banyak Tagana menyalurkan bantuan ke Kecamatan Cengkareng yakni sekitar 2.000 bungkus masakan siap saji untuk para korban terdampak banjir.

Terkait personel, Tagana bekerjasama dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat serta pilar-pilar sosial lainnya untuk menyiapkan kebutuhan logistik korban banjir.

"Secara umum, posko logistik telah membantu menyalurkan ke sejumlah daerah. Meskipun tidak bisa terpenuhi secara maksimal," katanya.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020