Jakarta (ANTARA) - Anggota Fraksi Partai NasDem DPR RI Ahmad Sahroni menekankan urgensi edukasi kepada warga terkait cara-cara dalam menghadapi banjir, untuk mengurangi kemungkinan risiko yang bisa muncul akibat banjir.

"Pemerintah selain harus menyiapkan tim dan infrastruktur untuk penanganan banjir, juga harus memberi edukasi bagi warga tentang bagaimana cara bertindak ketika banjir datang, seperti kapan harus mengungsi, tindakan apa yang harus diambil, pertolongan pertama apa yang harus dilakukan, dan lain-lain," kata Sahroni di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Basuki jelaskan langkah pemerintah tangani banjir hulu ke hilir

Baca juga: Pilih bertahan atau mengungsi kala banjir datang

Baca juga: Cegah banjir Jabodetabek, hari ini modifikasi cuaca mulai dilakukan


Wakil Ketua Komisi III DPR RI itu mengatakan wilayah Jakarta memang merupakan daerah rawan banjir karena daerahnya merupakan dataran rendah.

Karena itu Sahroni menghimbau seluruh lapisan masyarakat untuk selalu dalam keadaan siap siaga menghadapi banjir.

"Saya sebagai warga Jakarta tentunya sangat prihatin dengan kejadian ini. Kita harapkan semoga banjir ini dapat cepat ditanggulangi oleh pihak-pihak terkait," ujarnya.

Sahroni mengatakan, kalau dilihat dari lokasinya, Jakarta sangat rawan banjir, karena itu masyarakat harus siap secara infrastruktur maupun sosialisasi kepada warga tentang bagaimana cara kita menghadapi bencana.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2020