Surabaya (ANTARA News) - PT Telkom Divisi Regional V Jawa Timur meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan untuk melayani akses internet melalui "Packet Data Network" (PDN) FlexiNet.

"Seiring dengan selesainya beberapa kegiatan peningkatan kapasitas jaringan dan kualitas layanan bagi pelanggan Flexi di Jatim, kami juga mulai gebyarkan layanan akses internet FlexiNet," kata Executive General Manager Telkom Divre V Jatim, Triana Mulyatsa di Surabaya, Selasa.

Ia mengakui bahwa dari lebih kurang 3,3 juta pelanggan Flexi di Jatim, sekitar 60 persen melakukan percakapan, 39 persen untuk SMS (pesan singkat) dan satu persen sisanya untuk akses internet.

Rendahnya penggunaan Flexi untuk akses internet, karena kecepatannya tidak sebagus Speedy dan hanya berkisar 100 kbps.

Triana menjelaskan saat ini telah dibangun sebanyak 720 "Base Transceiver Station" (BTS) di wilayah Jatim dan ditargetkan hingga akhir 2008 bisa mencapai 1.000 BTS.

"Penambahan BTS, termasuk `Mobile` BTS, berdampak sangat positif untuk layanan pelanggan, diantaranya trafik yang sebelumnya mencapai rata-rata 80 persen, kini turun menjadi sekitar 60-70 persen," ujarnya.

Ia menambahkan perbaikan performa juga masih terus dilakukan dengan melakukan optimalisasi secara bergiliran pada masing-masing BTS.

"Dengan performa yang makin bagus, kami optimis untuk menggebyarkan kembali promo FlexiNet dengan penawaran harga yang makin kompetitif," tambah Triana.
(*)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2008