Jakarta (ANTARA News)  -  PT Adi Karya Visi (AKV) meluncurkan portal video berita melalui Internet dengan nama/alamat astroawani.co.id.

"Hari ini secara resmi kami meluncurkan astroawani.co.id sebagai portal video berita pertama dan satu-satunya di Indonesia," kata direktur pemberitaan AKV, Riza Primadi, kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan pembangunan portal itu dilakukan sejak hampir setahun lalu dan bahwa langkah tesebut dilakukan bukan karena saluran Astro Awani saat sedang dalam masa istirahat siaran.

"Hadirnya astroawani.co.id menunjukkan bahwa AKV tetap eksis sebagai pemasok program. Dengan adanya portal ini berbagai program acara yang kami produksi bisa dinikmati lewat jaringan Internet," katanya.

Menurut Riza, saat ini program-program televisi produksi Astro Awani juga tetap bisa dinikmati pemirsa melalui 29 televisi nasional maupun lokal di beberapa daerah Tanah Air.

Semua program dalam astroawani.co.id, katanya, dibuat dengan format flash video (FLV) sehingga pengunduh dapat menyaksikannya seperti menonton televisi.

Pilihan menu yang ditampilkan antara lain Prima Warta (lokal), Asia Plus (berita Asia), Galeri Dunia (berita dunia), Mozaik Peristiwa, dan Zona Sport (berita olahraga), juga beberapa program perbincangan seperti Berbincang Jalan, Dunia Digital, Sudut Pandang, dan Telaah.

Selain televisi, pangsa pasar portal video berita astroawani.co.id adalah masyarakat umum, yang dapat mengaksesnya melalui Internet maupun perangkat telepon genggam dengan fasilitas flash video (FLV).

"Program kami juga disiarkan di dua channel IP Astro di Singapura. Saat ini kami juga sedang dalam pembicaraan dengan sejumlah provider telepon genggam," kata Riza.

Diungkapkannya pula, program-program yang diakses perusahaan televisi dan mobile phone akan lebih cepat ketimbang yang diakses masyarakat umum.

Saat ini produksi program astroawani.co.id mencapai 40 klip setiap hari dengan total durasi tayang 1,5 jam. Kerja peliputan dilakukan oleh tim beranggotakan 12 orang, termasuk produser dan reporter.

Berdasarkan data online-rating versi Google, sejak dioperasikan pada  14 Oktober 2008 jumlah pengunjung portal video berita ini sudah mencapai 9.666 orang. Setiap pengunjung rata-rata bertahan selama tujuh menit.  (*)

Pewarta: surya
COPYRIGHT © ANTARA 2008