Abidjan,  (ANTARA News) - Sedikit-dikitnya 16 orang, termasuk beberapa anak kecil, meninggal setelah menyantap bubur jagung di satu desa di bagian tengah Pantai Gading, demikian keterangan Kementerian Kesehatan sebagaimana dikutip Reuters, Senin.

Semua korban  di desa di kabupaten Bongouanou, 200 kilometer di sebelah utara ibukota komersial Pantai Gading, Abidjan itu menyantap makanan dari jagung yang dijual oleh seorang perempuan warga setempat, kata jurubicara Kementerian Kesehatan Simeon N'Da.

"Kasus itu adalah keracunan makanan karena mereka mengkonsumsi bubur," katanya. Ia menambahkan contoh makanan tersebut telah dikirim ke Lembaga Pasteur di Abidjan untuk diperiksa.

N'Da mengatakan hampir 100 orang diduga telah memakan bubur itu dan pihak berwenang khawatir jumlah korban jiwa dapat bertambah karena banyak orang yang jatuh sakit berobat pada tabib tradisional dan bukan pergi ke dokter medis.

 Pada 2001, sedikitnya 12 orang meninggal di dekat ibukota Pantai Gading, Yamoussoukro, setelah  air rebusan jagung tercampur racun yang belum diketahui jenisnya membuat korban muntah-muntah serta terserang diare berat, demikian laporan beberapa surat kabar setempat pada saat itu.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2008