Pangkalpinang (ANTARA News) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Bangka Belitung (Babel), mengusulkan dana sebesar Rp16 miliar dalam APBD 2009, untuk menunjang kegiatan pembinaan atlet dan peningkatan pembangunan fasilitas olahraga.

"Dari segi jumlahnya masih lebih besar dibanding realisasi APBD 2008 sebesar Rp12,5 miliar.Namun posisi sekarang baru usulan ke DPRD,mudah-mudah disetujui,"ujar ketua harian KONI Babel,Suharli Tahor di Pangkalpinang,Selasa.

Ia mengatakan,anggaran tersebut diprioritaskan untuk pembinaan atlet dan peningkatan pembangunan fasilitas olahraga,untuk meningkatkan prestasi atlet dan dunia olahraga Babel.

"Anggaran yang kami ajukan itu cukup realistis karena untuk meningkatkan dunia olahraga dan prestasi atlet membutuhkan dana cukup besar,"ujarnya.

Menurut dia,untuk berprestasi itu membutuhkan dana besar terutama melakukan pembinaan terhadap atlet sebagai patriot olahraga yang akan mengangkat dunia olahraga di daerah ini.

"Selama ini pembinaan terhadap atlet sangat lemah dan uang pembinaan sangat minim,bahkan praktis tidak ada.Dengan kondisi demikian,sulit untuk bisa berprestasi,"ujarnya.

Ia mengatakan,atlet daerah lain bisa berprestasi dan olahraganya maju karena pemerintah daerahnya tidak `pelit` mengeluarkan dana besar untuk sektor olahraga.

"Untuk itu,kekuatan dana sangat penting disamping pembinaan serius yang dilakukan pengurus olahraga di daerah ini,saya rasa itu kata kunci untuk bisa berprestasi,"ujarnya.

Apalagi,kata dia,dari sekarang atlet Babel harus dipersiapkan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) di Pekan Baru,Provinsi Riau.Untuk menyongsongnya,memerlukan persiapan lebih matang terutama pembinaan atlet dan kekuatan dana.

"Hasil buruk PON di Kaltim cukup menjadi pelajaran karena minimnya persiapan atlet,makanya dari sekarang kita harus habis-habisan mempersiapkan atlet berkualitas yang akan diterjunkan pada PON di Riau agar bisa berprestasi untuk mengangkat nama baik Babel dibidang olahraga,"ujarnya.(*)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2008