Jerusalem, (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Israel Tzipi Livni mengatakan di Jerusalem, Selasa, Iran telah mengembangkan kegiatan ekonomi, politik dan ideologinya di Amerika Selatan.

Livni mengucapkan tuduhan tersebut selama pertemuan dengan timpalannya dari El Salvador Marisol Argueta de Barillas, demikian antara lain isi pernyataan yang dikeluarkan kantor Livni dan dikutip Xinhua.

Ia mengatakan dalam pernyataan itu, "Iran sedang mencari jalan ke luar dan negara yang dapat ditembusnya guna menebus kerentanan yang disebabkan oleh sanksi."

"Kita menyaksikan fenomena yang mengganggu penyusupan Iran ke Amerika Selatan, tempat yang telah menjadi pangkalan yang sesuai bagi penyebaran ideologi ekonomi dan politik Irak," katanya.

Livni menyeru masyarakat internasional untuk "menyaksikan situasi ini dan bekerjasama dalam upaya terpadu guna memupus kegiatan internasional Iran".

Iran telah membuka kedutaan besar di Nikaragua, Ekuador dan Chile dan memperluas misinya di Venezuela, Uruguay, Meksiko dan Kolombia, sementara meningkatkan kunjungan tingkat tinggi di negara Amerika Selatan serta mendorong hubungan komersial.

Israel telah menuduh Iran "membahayakan perdamaian dunia dengan meningkatkan program nuklir", yang dengan tegas dikatakan Teheran bertujuan damai.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2008