Washington (ANTARA News) - Barack Obama akan mencalonkan secara resmi bekas saingan beratnya, Hillary Clinton, sebagai menteri luar negeri, Senin, dan mengumumkan tim keamanan nasional yang bertugas mengatasi berbagai kriris di luar negeri.

Presiden terpilih diperkirakan juga akan menyatakan secara resmi ia telah meminta Menteri Pertahanan dalam pemerintahan Presiden George W. Bush agar tetap berada di Pentagon dan menunjuk mantan General Marinir James Jones sebagai Penasehat Keamanan Nasional.

Pengumuman formal Obama mengenai pengangkatan Clinton dalam jumpa pers hampir sebulan lalu setelah kemenangan bersejarahnya dalam pemilihan presiden akan memperkokoh aliansi luar biasa, menyusul duel sengit mereka dalam pemilihan pendahuluan di kubu Demokrat.

Setelah resmi menjadi Presiden pada Januari mendatang, tim Obama harus memecahkan berbagai persoalan, seperti bagaimana menarik pasukan AS dari Irak, menghadapi kampanye nuklir Iran dan memberikan perhatian atas memburuknya kondisi dalam perang di Afghanistan.  
  
Pada saat yang bersamaan, ekonomi AS mengalami kemunduran dan krisis finansial yang mengikutinya menyebar ke seluruh dunia, sehingga mengancam situasi keamanan global menjadi semakin tak stabil, demikian laporan AFP.  (*)

Pewarta: anton
COPYRIGHT © ANTARA 2008