Jakarta,  (ANTARA News) - Ketua Umum Asosiasi Sepak bola Thailand (FAT) Datuk Worawi Makudi menegaskan bahwa Thailand akan merebut gelar juara kejuaraan sepak bola Asia Tenggara, Piala AFF sebagai target untuk Timnas negara "Gajah Putih" ini.

Di laga perdana AFF Suzuki Cup 2008 ini, tuan rumah Thailand di grup B akan menghadapi Vietnam di Stadion Sarakul, Phuket, Thailand pada 6 Desember.

Tim lainnya yang akan bergabung di grup ini adalah Laos dan Malaysia.

"Timnas Thailand hanya berpikir untuk merebut gelar juara," kata Worawi dalam situs aseanfootball, Selasa.

"Jika kami tak merebutnya, itu adalah kesalahan karena ini adalah turnamen ASEAN dan kami adalah rajanya di kawasan ini," kata Worawi.

Timnas Thailand saat ini ditangani pelatih asal Inggris, Peter Reid, yang membawa kemenangan di turnamen T&T dengan menyingkirkan Vietnam. "Kemenangan itu adalah awal yang bagus untuk tim yang ditangani Ried," tegasnya.

Thailand sendiri mencatat tiga kali juara AFF yakni tahun 1996, 2000 dan 2002.

Sedangkan Indonesia berada di grup A bersama Singapura, Myanmar dan Kamboja.

Di atas kertas Indonesia sebagai tuan rumah grup A dapat lolos ke babak semifinal jika mampu menundukkan Myanmar dan Kamboja dan dapat bersaing dengan juara bertahan Singapura.

Timnas Indonesia yang diarsiteki Benny Dollo secara khusus berlatih di Sawangan, Depok. Tim Merah Putih tetap mengandalkan Budi Sudarsono dan Bambang Pamungkas untuk mencetak gol.

Sedang Timnas Singapura sendiri sudah sehari berada di Jakarta. Mereka adalah tim tamu pertama tiba dengan berkekuatan 22 pemain termasuk tujuh pemain naturalisasi yang terinci atas tiga kiper, delapan bek, tujuh tengah, dan empat penyerang.

Timnas Singapura saat ini masih ditangani pelatih Radojko Avramovich. Pemain andalan Singapura diantaranya kiper Lionel Lewis dan Hassan Sunny, Mohd Noh Rahman, Daniel Bennett, Muhd Ridhuan John Wilkinson, Agu Casmir dan Aleksandar Duric serta kapten tim Indra Sahdan.(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2008