MUMBAI, 2 Desember (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet) --

     - Kemitraan Ipanema akan membantu pelanggan dapat meningkatkan jaringan kinerja

     Tata Communications, penyaji terkemuka dunia komunikasi hari ini mengumumkan peluncuran jasa optimisasi kinerja aplikasi yang dapat memberikan perusahaan pengelolaan aplikasi jaringan. Teknologi Ipanema, yang dikenal dengan singkatan WAN sebagai perusahaan penyaji solusi optimisasi adalah salah satu mitra teknologi untuk jaringan ini.

     Jasa APO Tata Communications sudah ada secara global, sudah terukur dan dapat diimplementasikan di ribuan situs. Jasa ini juga menawarkan pendekatan konsultatif yang cukup unik dalam memberikan jasa kinerja aplikasi, selain dapat membantu perusahaan secara dramatis meningkatkan kinerja jaringan aplikasi untuk menggerakkan proses bisnis utama, meningkatkan produktivitas dan memberikan kepuasan kepada si pemakai dengan mengurangi penundaan transaksi melalui jaringan. Hal ini juga dapat meningkatkan pengiriman aplikasi dan menjamin pengawasan secara terus menerus, melakukan konsolidasi IT, mengurangi bandwidth dan mempercepat aplikasi yang lambat.

     Sebagai bagian dari jasa, Tata Communication melakukan evaluasi terhadap tujuan perusahaan yang kemudian merancang solusi yang sesuai dengan kebutuhannya. Lingkungan pelanggan ditentukan, vendor optimisasi WAN pun dipilih dan kinerja aplikasi juga dianalisa agar dapat merancang urutan optimisasi. APO adalah jasa yang dikelola secara global termasuk juga pelaporan lingkungan nyata dan peringatan (peringatan memburuknya kinerja aplikasi) selain bisa mengusulkan persetujuan level jasa aplikasi (SLAs) bila dihubungkan dengan solusi konektivitas pelanggan seperti IP dan VPN.

     "Apabila traffic jaringan meningkat, effisiensi biaya membutuhkan pemakaian aplikasi IT yang efektif. Jasa APO Tata Communication menawarkan kepada perusahaan sebuah modul unik, fleksibel dan jasa yang terulang dengan fungsi lebih dalam yang belum pernah terpantau sebelumnya secara global," ujar James Walker, Wakil Presiden sekaligus Jasa VPN global untuk Tata Communication.

     Tata Communication memilih Ipanema sebagai mitra solusi APO karena kemampuannya dalam melakukan optimisasi aplikasi, misalnya visibilitas dan optimisasi yang terinci dan mendalam termasuk juga kualitas optimisasi Jasa (OoS), akselerasi dan fitur penekanan. Keuntungan utama dari jasa ini mencakup juga ukuran kinerja yang terus-menerus ada pada tingkat sesi yang kemudian dapat meningkat menjadi indikator tingkat tinggi untuk mendeteksi degradasi yang terjadi dan melakukan diagnosa yang tepat. Solusi Ipanema juga memberikan konsep jaringan OoS yang unik dan secara global juga dapat mengoptimasikan jaringan dan tidak hanya pada masing-masing akses WAN secara independen.

     Menurut penelitian yang dilakukan perusahaan OVUM, 78 persen perusahaan di Eropa dan Amerika Utara mengatakan bahwa degradasi kinerja dari aplikasi jaringan akan membawa dampak buruk pada bisnis. "Penelitian juga menyoroti perlunya memberikan semacam solusi optimisasi traffic yang sangat efektif kepada pelanggan untuk aplikasi yang sudah terjaring. Bermitra dengan Tata Communication memberikan kesempatan kepada kami agar dapat mengirim solusi yang hemat biaya dan ekonomis untuk memenuhi kebutuhan pelanggan," ujar Thierry Grenot, CTO, Teknologi Ipanema.

     Mengenai Tata Communications

     Tata Communications, yang merupakan anggota Group Tata yang bernilai sekitar $62.5 miliar dollar, adalah penyaji global yang cukup terkemuka dalam dunia komunikasi baru. Pemimpin pasar komunikasi yang baru muncul dapat mempengaruhi kemampuan solusi maju dan wilayah keahlian di seluruh jaringan global dan pan India agar dapat memberikan solusi yang terkelola kepada perusahaan multinasional dan perusahaan India, penyaji jasa dan pelanggan India.

     Ruang Lingkup Jasa Tata Communications mencakup juga transmisi, IP, penggabungan suara, mobilitas, konektivitas jaringan yang terkelola, pengadaan dan penyimpanan, sekuritas, kolaborasi yang terkelola dan transformasi bisnis bagi perusahaan global dan penyaji jasa bagi pelanggan di India.

     Jaringan global Tata juga mencakup salah satu jaringan kabel bawah laut yang terbesar dan maju, sebuah Jaringan Tier-1, dengan konektivitas kepada 200 negara lebih pada 300 Pops dan lebih dari 1 juta per segi kaki dari data pusat dan fasilitas lokasi pendamping.

     Luasnya dan dalamnya jangkauan pasar Tata Communications yang unik mencakup juga jaringan tulang punggung fiber nasional dan akses ke jaringan yang terdapat di 60 kota dan 125 Pops di India, investasi strategis dari operator jasa Afrika Selatan seperti Neotel, Sri Lanka dan Nepal dan juga memenuhi persyaratan di mana 50 persen hak pemilikan di perusahaan komunikasi  China.

     Pelanggan jasa perusahaan ini terdapat di 80 kota dari 40 negara dan Tata Communications adalah nomor satu dalam operator suara internasional secara global dan nomor satu sebagai penyaji jasa internet dan data perusahaan jarak jauh di India. Perusahaan ini kemudian dinamai "wholesale carrier" pada Penghargaan Komunikasi Dunia di tahun 2008, "Penyaji Pan-Asia yang terbaik di tahun 2006" dan Penghargaan telekomunikasi global kapasitas magazin di 2007 dan juga pernah dianugrahkan "Progress terbaik pada pasar yang baru tumbuh" pada penganugrahan komunikasi mobil 2008.

     Tata Communication Lts dengan kantor cabangnya yang sudah mengglobal terdaftar pada Bursa Efek India dan ADR yang juga terdaftar di bursa efek New York.

     Tentang Ipanema Technologies

     Ipanema mengembangkan solusi generasi berikutnya untuk pengelolaan aplikasi traffic dan optimisasi Wide Area Network (WAN) yang secara drastis meningkatkan pengalaman penggunanya. Sistem Jaringan Autonomik Ipanema memberikan kemampuan tersendiri ke dalam jaringan sehingga memungkinkan perusahaan secara dinamis dapat meluruskan jaringan sesuai dengan tujuan bisnisnya. Sistem Jaringan Autonomik Ipanema dirancang untuk mengelola WAN yang dapat memberdayakan perusahaan, operator telecom, dan penyaji jasa jaringan yang bergerak sampai di luar jaringan TM. Sistem Jaringan Autonomik Ipanema juga menciptakan aplikasi LSA yang berbasiskan pada jasa dan dapat memberikan keuntungan dengan biaya kepemilikan yang rendah sekali. Ipanema digunakan secara luas oleh operator telecom dan multinasional di seluruh segmen pasar termasuk bank dan keuangan, sektor publik, energi, farmasi, automotif dan IT. Untuk informasi selanjutnya, lihat http://www.ipanematech.com

     Kontak Media :

     Harpreet Jabbara
     Tata Communications
     +91-9250001787
     harpreet.jabbara@tatacommunications.com

     Janice Goveas
     Tata Communications
     +91-92233-94575
     janice.goveas@tatacommunications.com

     Agen Media
     STC Associates
     +1-212-725-1900 x204
     kristen@stcassociates.com

     Sumber: Tata Communications Limited


Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2008