Candidasa, Bali (ANTARA News) - Pemegang kaus kuning (yellow jersey) asal Iran, Ghader Mizbani Iranagh, kian tidak tertahan di balap sepeda Speedy Tour d'Indonesia setelah ia menjuarai etape 10 yang menempuh 163 km dari Gilimanuk sampai Candidasa, Karangasem, Bali.

Dalam adu cepat di rute yang menanjak Rabu, Ghader dari Tabriz Petrochemical Team (TPT) bersaing dengan pembalap Indonesia Tonton Susanto dari tim Dodol Picnic Garut (DPG), namun Ghader finish lebih dulu dengan catatan waktu 4 jam 17 meni 55 detik.

Enam detik kemudian datang Tonton Susanto yang pernah dijuluki sebagai Raja Tanjakan dan kemudian datang pembalap Tim Nasional Jepang, Masakazu Ito.

Bagi Ghader Mizbani, ini merupakan gelar juara etape yang kedua bagi dia setelah dia merebut yang pertama pada etape kelima yang juga merupakan rute menanjak dari Semarang hingga Yogyakarta.

Etape ke-10 diwarnai dengan dua pengangkutan pembalap sebelum memulai lomba yang sebenarnya. Pengangkutan pertama dari Banyuwangi Jawa Timur menyebrangi laut dengan menggunakan kapal ferry ke Gilimanuk Bali.

Setelah digelar acara penyambutan di Gilimanuk oleh Pemda Kabupaten Jembrana, para pembalap kemudian menempati posisi start yang ditetapkan di 40 km dari Gilimanuk, tepatnya di daerah Gerokgak Kabupaten Buleleng.

Dengan kemenangan pada etape ke-10 itu, Ghader kini semakin memperkokoh posisinya di puncak klasemen umum pembalap dengan total waktu tercepat 37 menit 20 menit 47 detik.

Posisi kedua dan ketiga dalam klasemen pembalap juga tidak berubah, yakni rekan setim Ghader, Amir Zargari dan Hossein Jahanbanian, namun Ghader kini semakin memperbesar keunggulannya di puncak menjadi dua menit 03 detik.

Untuk kategori pembalap nasional, Tonton di urutan pertama pada etape tersebut, diikuti pembalap tim Benteng Muda Tangerang (BMT) Kurniawan yang berada di posisi kedua dan Endra Wijaya dari Customs Cycling Club (CCC) di posisi ketiga.

Klasemen umum pembalap nasional atau pemegang kaus merah putih masih digenggam Endra Wijaya dengan total waktu tercepat 37 jam 24 menit sembilan detik.

Pada etape ke-10 itu, nomor tanjakan yang digelar di kilometer 87,4, dimenangi oleh Tonton yang berhasil mengungguli Ghader, sedang nomor intermediate sprint di kilometer 41,9 dimenangi pembalap Bintang Kranggan Nugroho Kisnanto.

Namun kaus polkadot pemimpin poin tanjakan masih dipegang pembalap Iran Amir Zargari dengan 28 poin, sedang kaus hijau pemimpin poin sprint masih jadi milik pembalap Malaysia Anuar Manan.
(*)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2008